Jakarta (ANTARA) - Juara bertahan dua kali Jepang memastikan tempat semifinal Piala Asia Putri setelah mengalahkan Thailand 7-0 pada Minggu, tetapi favorit juara Australia tersingkir setelah kalah secara mengejutkan dari Korea Selatan.

Gelandang Chelsea Ji So-yun mencetak gol dari jarak jauh pada dua menit tersisa untuk membawa Korea Selatan menang 1-0 atas runner-up 2018 itu dan akan bertemu Filipina dalam semifinal.

Jepang bakal bertemu China dalam empat besar meskipun tendangan penalti Mana Iwabuchi diselamatkan oleh kiper Thailand Waraporn Boonsing 15 menit memasuki pertemuan delapan besar di Navi Mumbai.

Yuika Sugasawa kemudian mencetak empat untuk sang juara bertahan, sedangkan tiga gol lainnya dikemas Hinata Miyazawa, Rin Sumida dan Riko Ueki.

Sugasawa membuat Jepang unggul pada menit ke-27 sementara Miyazawa menggandakan keunggulan dua menit memasuki injury time babak pertama dari jarak enam yard.

Dari situ Jepang mengamuk. Sumida menambahi gol ketiga tiga menit setelah start dan Sugasawa mencetak gol keduanya dari titik putih.

Ueki mencetak gol kelima pada 15 menit tersisa sebelum dua gol kreasi Sugasawa dalam 10 menit terakhir menuntaskan kemenangan meyakinkan Jepang.

Kemenangan itu membuat China, Korea Selatan, Filipina, dan Jepang mengamankan tempat Piala Dunia Putri depan di Australia dan Selandia Baru.

Asia mendapatkan lima jatah dalam Piala Dunia putri selain kualifikasi langsung Australia sebagai tuan rumah. Dua negara lain akan diperoleh dari playoff.

AUSTRALIA DITUMBANGKAN KORSEL

Bekas juara Australia tak lagi dalam posisi mengulangi sukses juara pada 2010 setelah mereka disingkirkan oleh Korea Selatan.

The Matildas hampir tertinggal pada lima menit terakhir babak pertama ketika tendangan penalti Cho So-hyun melambung di atas mistar.

Australia mendominasi 45 menit pertama, dengan Sam Kerr nyaris menciptakan gol ketika sundulannya membentur mistar gawang dan kiper Korea Kim Jung-mi berhasil menggagalkan peluang gol penyerang Chelsea itu dan Mary Fowler.

Pertandingan sepertinya bakal dilanjutkan ke perpanjangan waktu sebelum Ji menciptakan gol dari jarak 30 meter yang tak bisa dihalau kiper Australia Lydia Williams.

Baca juga: Lima gol Sam Kerr bawa Australia kalahkan Indonesia 18-0

CHINA LOLOS

China bangkit dari ketertinggalan satu gol untuk mengalahkan Vietnam 3-1 di Navi Mumbai, sementara Filipina mengalahkan Taiwan 4-3 melalui adu penalti setelah pertandingan berakhir 1-1 setelah perpanjangan waktu di Pune.

Vietnam secara mengejutkan memimpin pada menit ke-11 ketika tendangan Nguyen Thi Tuyet Dung menyamakan kedudukan pada menit ke-25 dari gol yang dibuat gelandang Wang Shuang.

China mencetak dua gol cepat setelah turun minum saat Wang Shanshan menyelesaikan upaya brilian tim pada menit ke-52 dan Jiali Tang mengubah skor menjadi 3-1 pada menit berikutnya.

Pemain Vietnam Nguyen Thi Bich Thuy hampir memperkecil kedudukan tetapi tendangan penaltinya membentur mistar gawang pada menit ke-89, demikian Reuters.

Baca juga: Piala Asia Putri kuak fakta bahwa liga dan proses itu amat penting

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022