Jakarta (ANTARA) - Beberapa isu humaniora mendapatkan perhatian pada Ahad kemarin (30/1) mulai dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang menemukan sejumlah kecenderungan mengkhawatirkan pada kemasan air minum polikarbonat terkait kesehatan masyarakat.

Selain itu terdapat pula berita tentang vaksinasi penguat atau booster yang mulai difokuskan menggunakan jenis AstraZeneca pada tiga bulan pertama 2022 dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang mendorong masyarakat bergejala untuk menjalani tes COVID-19.

Ada pula pemberitaan terkait pemulangan jenazah korban kebakaran karaoke di Sorong dan Duta Besar Ukraina untuk Indonesia yang memuji jiwa kepahlawanan dan semangat Jenderal Soedirman yang menginspirasi bangsa Ukraina.

Berikut beberapa humaniora kemarin yang menarik disimak hari ini:

BPOM: Pengaruh BPA di kemasan air minum polikarbonat mengkhawatirkan

BPOM menemukan sejumlah kecenderungan mengkhawatirkan pada migrasi bahan kimia Bisphenol A (BPA) pada kemasan air minum berbahan polikarbonat bagi kesehatan masyarakat. Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM Rita Endang mengatakan hal itu muncul setelah dilakukan uji sampel "post-market" pada 2021-2022 dari sampel yang diperoleh seluruh Indonesia.

Vaksin penguat di triwulan pertama fokus gunakan AstraZeneca

Pemerintah mulai memfokuskan vaksinasi booster atau dosis penguat menggunakan jenis vaksin AstraZeneca pada tiga bulan pertama atau triwulan I 2022, seperti yang dikonfirmasi Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi.

Kemenkes dorong masyarakat dites sebab Omicron bisa mematikan

Kemenkes mendorong agar masyarakat dengan gejala untuk menjalani tes COVID-19 sebab varian Omicron meski pada umumnya memiliki gejala ringan tapi tetap berisiko berat bahkan memicu kematian.

Jenazah korban pembakaran karaoke di Sorong dibawa ke kampung halaman

Jenazah Indah Sukmadani, salah satu dari 17 korban kebakaran karaoke di Sorong, Papua, telah diterbangkan ke kampung halamannya di Sumatera Barat pada Ahad (30/1).

Jiwa kepahlawanan Jenderal Soedirman menginspirasi bangsa Ukraina

Duta Besar Ukraina untuk RI Vasyl Hamianin mengatakan jiwa kepahlawanan dan semangat Jenderal Soedirman telah menginspirasi bangsa Ukraina, sehingga sudah diterbitkan prangko bergambar salah satu tokoh pahlawan Indonesia itu.
 

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022