Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengharapkan Bandara Tjilik Riwut Kota Palangka Raya dapat lebih dikembangkan dan memiliki rute penerbangan internasional.

"Kami berharap rute penerbangan ini bisa lebih dikembangkan lagi, bukan hanya dalam negeri namun juga luar negeri," kata Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kalteng Leonard S Ampung di Palangka Raya, Senin.

Ia menjelaskan, dalam satu Pulau Kalimantan terdapat beberapa negara, dan yang terdekat adalah Kuching yang berada di Serawak, Malaysia. Jika rute penerbangan menuju Kuching dibuka, maka akan sangat bagus dampaknya bagi Kalteng.

Selain itu Leonard menilai, pembukaan rute penerbangan dari dan menuju Palangka Raya ke kota-kota besar lainnya di dalam negeri juga sudah layak, misalnya Denpasar, Bali dan lainnya.

"Hal ini juga sebagai upaya membuka akses di bidang pariwisata, hingga peningkatan perekonomian daerah," ungkapnya yang pernah menjabat Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kalteng tersebut.

Pemerintah provinsi setempat sesuai arahan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, terus berupaya mengoptimalkan berbagai sektor potensial yang dimiliki, guna meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Bandara sebagai salah satu pendukung berkembangnya perekonomian daerah, juga tak luput dari perhatian Pemprov Kalteng, sehingga terus didorong agar dapat terus berkembang dan menambah rute-rute penerbangan yang dimiliki.

Sebelumnya Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara Tjilik Riwut Eries Harmawandi mengatakan, tren pergerakan penumpang dalam beberapa waktu terakhir jauh lebih baik dibanding akhir tahun 2021 dan menunjukkan peningkatan.

"Saat akhir tahun periode Natal dan tahun baru, terendah sempat sekitar 900 penumpang per hari, namun saat ini belakangan sudah mulai naik di angka 1.400-1.500 penumpang," jelasnya.

Pihaknya bersama pihak maskapai terus berupaya meningkatkan geliat aktivitas penerbangan di Kalteng khususnya ibu kota provinsi yakni Palangka Raya.

Adapun rute penerbangan baru yang mulai beroperasi Jumat (28/1) di Bandara Tjilik Riwut, adalah Maskapai Wings Air yakni Pontianak-Palangka Raya-Pontianak. Sebelumnya juga mulai beroperasi Wings Air dengan rute Balikpapan-Palangka Raya (PP) dan Palangka Raya-Sampit-Pangkalan Bun (PP) sebanyak tiga kali dalam satu minggu, yakni Senin, Rabu dan Jumat.
 

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Kasriadi
Copyright © ANTARA 2022