Jakarta (ANTARA) - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menyelenggarakan kompetisi olahraga yang diselenggarakan secara virtual yaitu Virtual Running, Walking, and Cycling (Viral) Challenge Pupuk Indonesia Grup tahun 2022 sebagai upaya terus mendorong pola hidup sehat karyawan.

VP K3 Pupuk Kaltim David Ronaldo Manik dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Senin, mengatakan Viral 2022 merupakan upaya pihaknya untuk terus mendorong pola hidup sehat karyawan melalui olahraga lari, jalan, dan bersepeda, sesuai target yang ditetapkan dalam periode per tiga bulan selama satu tahun.

Menurut David, hal tersebut sejalan dengan empat pilar dalam menjaga imunitas tubuh, mulai dari menjaga diri agar tidak stres, menjaga nutrisi, pengaturan tidur berkualitas dan olahraga setiap hari minimal 30 menit. “Kegiatan ini menjadi langkah tepat dalam mendorong karyawan untuk terus menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga rutin setiap harinya,” kata David.

Viral Challenge resmi dibuka langsung oleh Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi, di halaman kantor pusat BUMN itu. Selama 2021 Viral Challenge diikuti oleh 529 karyawan dan keluarga karyawan sebanyak 248 orang. Dari jumlah tersebut, peserta yang memenuhi persyaratan challenge mencapai 169 orang dan keluarga sebanyak 69 orang. Apresiasi diberikan bagi penggiat Viral setiap tiga bulan untuk 20 orang terbaik dengan grand prize satu unit sepeda motor di akhir tahun.

Kategori karyawan Pupuk Kaltim yang aktif pada Viral 2021 menempati posisi kedua di lingkungan Pupuk Indonesia Grup, dengan persentase 31 persen. Sedangkan kategori keluarga karyawan yang aktif merupakan yang tertinggi dari jumlah partisipan di anak usaha Pupuk Indonesia.

Dari Viral 2021, turut diketahui fit to work karyawan Pupuk Kaltim mencapai 80 persen, yang secara tidak langsung menunjukkan tingkat kesehatan karyawan terbilang sangat baik. “Hal ini menunjukkan jika karyawan Pupuk Kaltim​​​​​​​ memiliki healthy lifestyle awareness yang sangat baik dan pada 2022 ini bisa semakin kita tingkatkan untuk kesehatan bersama,” kata David.

Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi berharap Viral 2022 dapat semakin ditingkatkan, baik untuk jumlah kepesertaan maupun keaktifan karyawan mengikuti program selama satu tahun ke depan. Dirinya menilai program ini sebagai wujud kesadaran karyawan bersama keluarga akan pentingnya menjaga pola hidup sehat, sekaligus mengantisipasi potensi risiko yang dapat mempengaruhi tingkat kesehatan dengan berolahraga setiap hari.

“Kami mengimbau karyawan dapat semakin aktif mengikuti program Viral 2022, sehingga fit to work karyawan Pupuk Kaltim​​​​​​​yang sudah baik saat ini bisa kita tingkatkan mencapai 95 persen dalam satu tahun ke depan,” kata Rahmad.

Rahmad mengatakan aspek kesehatan merupakan hal utama yang wajib dijaga, karena produktivitas dan kinerja perusahaan tercermin dari tingkat kesehatan para karyawan. Aktivitas olahraga dengan berlari, jalan kaki maupun bersepeda menjadi salah satu pilihan untuk tetap menjaga kebugaran dan imunitas tubuh, disamping mengimplementasikan pola hidup sehat lainnya guna meningkatkan kualitas kesehatan.

“Untuk itu tetap jaga kesehatan untuk terus produktif, sehingga Pupuk Kaltim ke depan mampu menjadi perusahaan terbesar dan terbaik di Asia Pasifik,” katanya. 

Baca juga: Program Makmur PKT tingkatkan produktivitas kentang 125 persen
Baca juga: PKT salurkan beasiswa bagi 210 mahasiswa Bontang senilai Rp584,5 juta

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022