Padang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Padang mengalokasikan dana Rp1,12 miliar untuk membiayai program rehabilitasi hutan dan lahan kritis di daerah tersebut.

Dana bersumber dari APBD 2011 dialokasikan sebagai dana pendamping dari dana alokasi khusus (DAK) bidang kehutanan, kata Wali Kota Padang Fauzi Bahar dalam penjabaran nota keuangan APBD 2011 dikutip di Padang, Sabtu.

Dana itu masing-masing dialokasikan untuk program rehabilitasi hutan dan lahan dibiayai DAK kehutanan sebesar Rp948,8 juta dan rehabilitasi hutan dan lahan dengan pembiayaan dari dana pendamping DAK kehutanan sebesar Rp96,2 juta.

Satu kegiatan lainnya yakni rehabilitasi hutan dan lahan dengan pendanaan dari dana penunjang DAK kehutanan sebesar Rp80 juta.

Dana APBD Padang untuk pendamping dan penunjang DAK bidang kehutanan pada tahun 2011 itu meningkat dari sebelumnya pada 2010 sebesar Rp1,05 miliar.

Pada 2011, selain untuk membiayai dana pendamping DAK kehutanan untuk program rehabilitasi hutan dan lahan, Pemkot Padang juga mengalokasikan dana APBD untuk program perlindungan dan konservasi sumber daya hutan.

Anggaran dana untuk melaksanakan program perlindungan dan konservasi sumber daya hutan mencapai Rp321 juta yang dialokasikan untuk tiga kegiatan, meliputi penyelenggaraan operasi pengamanan hutan dengan dana Rp150 juta.

Kemudian, kegiatan pelestarian dan pemeliharaan kawasan Taman Hutan Raya Bung Hatta dengan pembiayaan Rp96 juta serta kegiatan inventarisasi tata guna hutan dengan alokasi dana Rp75 juta.

Dana untuk program perlindungan dan konservasi sumber daya hutan pada 2011 meningkat dari tahun 2010 yang disediakan Rp289 juta untuk melaksanakan tiga kegiatan, meliputi penyelenggaraan operasi pengamanan hutan dengan anggaran Rp100 juta.

Selanjutnya, kegiatan pelestarian dan pemeliharaan kawasan Hutan Raya Bung Hatta Padang dengan biaya Rp89 juta dan pemeliharaan batas kawasan hutan dengan anggaran biaya Rp100 juta.  (H014/R014/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011