counter

Helmi Optimistis Sumut Kembali Gelar Rally Dunia

Medan (ANTARA News) - Pembalap senior Helmi Sungkar mengaku optimistis Sumatera Utara kembali akan menjadi tuan rumah rally tingkat dunia mengingat daerah itu pernah sukses menggelar ajang serupa pada 1996/1997.

"Saya sangat mendukung keinginan IMI Sumut untuk kembali menjadi tempat penyelenggaraan rally Asia Pasifik. Saya percaya ini dapat terwujud," katanya ketika ditemui usai pembukaan Medan Rally 2011 di Lapangan Merdeka Medan, Jumat.

Ia mengatakan, Medan Rally 2011 yang digelar IMI Sumut merupakan momen yang sangat baik untuk mengampanyekan keinginan tersebut, apalagi ia menilai Sumut termasuk konsisten menggelar rally.

Baik pengurus IMI, masyarakat maupun pemerintah daerah di Sumut dinilai nselalu konsisten dan saling bekerja sama menggelar berbagai kegiatan lomba.

Sepulang dari Medan, lanjutnya, ia akan menyampaikan keinginan IMI Sumut tersebut ke PB IMI, dengan harapan pada rapat FIA Oktober atau september 2011 dapat dimasukkan sebagai kandidat.

"Minimal sudah tertulis dulu di FIA keinginan tersebut. Kalau tahun 2012 kita sudah kandidat, maka pada 2013 atau 2014 kita sudah bisa melaksanakannya. Saya pikir tidak ada lagi lintasan yang paling cocok di Indonesia selain di Sumut untuk rally tingkat dunia," katanya.

Berbicara mengenai lintasan, ia menilai lintasan yang ada di Sumut sangat luar biasa karena ia sendiri sudah melihat dan merasakan langsung, apalagi pihak perkebunan di Sumut juga sangat mendukung.

Semua lintasan di Sumut murni perkebunan dan semua pemilik perkebunan juga tidak keberatan jika kebunnya dipakai menjadi lintasan, katanya.

"Kita mau pakai berapa SS pun tidak masalah. Saya berharap pemerintah di Sumut juga memikirkan keinginan ini, dan ini juga tentunya dapat mendukung dunia pariwisata," katanya.

Kalau semua pihak sudah mendukung, menurut dia, soal pendanaan tidak akan menjadi masalah, meski yang akan digelar merupakan rally tingkat dunia.

"Tadi Wali Kota Medan Rahudman Harahap juga sangat mengharapkan keinginan itu dapat terwujud. Terus terang saya datang khusus karena mendengar Medan Rally 2011 ini start-nya di jalanan, di Lapangan Merdeka. Ini juga membuka memori saya pada tahun 1987 ketika ngurus rally di sini," katanya. (JRD/R014/K004)

Peserta SMN berlatih tari multietnik asal Sumatera Utara

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar