Banjarmasin (ANTARA News) - Pimpinan Harian Umum Pikiran Rakyat yang terbit di kota Bandung, 45 tahun lalu, berharap, korannya tetap eksis dan mengakar di masyarakat, terutama warga "Bumi Siliwangi" Jawa Barat.

Harapan itu dikemukakan wartawan senior Pikiran Rakyat (PR) Bandung, H Mangaroh yang mewakili pimpinannya saat menerima rombongan anggota pers room DPRD provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), demikian dilaporkan, Sabtu.

Di hadapan tamunya dari "Bumi Perjuangan Pangeran Antasari" Kalsel itu, mengaku bangga dan menyatakan syukur, karena dengan usia 45 tahun masih tetap eksis mengangkat keharuman dan nama baik daerah Jabar atau masyarakat Sunda.

"Kami bangga dengan PR, karena selain tetap eksis dan mengakar sampai saat ini, juga terus mengembangkan diri, serta manajemen dan pemodalnya masih putra-putra daerah Jabar," tandas pria berjenggot putih itu.

Pengembangan salah satu koran tertua dan ternama di "tanah Pasundan" Jabar itu, antara lain, pada beberapa kabupaten di provinsi tersebut juga terbit koran dengan nama khas daerah, terutama yang jauh dari kota Bandung, misalnya Suara Cirebon.

Menjawab pertanyaan Riswan Irfani dari Smart FM Banjarmasin, mengenai Corporate Social Responsibility (CSR), dia mengajak meluruskan dan menyamakan persepsi terhadap salah satu bentuk gerakan sosial tersebut.

Menurut wartawan senior PR yang banyak melakukan liputan bidang ekonomi itu, CSR bukan cuma membagi-bagi keuntungan dari sebuah perusahaan sebagai salah satu bentuk kepedulian sosial, tapi juga termasuk aktivitas institusi itu sendiri.

Sebagai contoh, saat kejadian tsunami di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), PR Bandung juga turut menghimpun dana kemanusian mencapai miliaran rupiah untuk membantu daerah dan masyarakat "Serambi Mekkah|" Indonesia tersebut.

"Alhamdulillah saluran dana kemanusiaan untuk NAD itu, terbesar dari semua media massa se Indonesia, terutama kalau pengelompokannya secara sendiri-sendiri dari media massa tersebut," demikian Mangaroh.

Kunjungan kerja anggota pres room bersama staf bagian protokol dan layanan aspirasi sekretariat DPRD Kalsel ke "kota kembang" Bandung itu, untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan guna menunjang tugas serta fungsi masing-masing.

Dalam kunjungan kerja selama tiga hari sejak 14 Juli 2011 tersebut juga mengatakan pertemuan dengan bagian Humas dan Layanan Aspirasi Sekretariat DPRD Jabar bersama kelompok kerja wartawan di lemebaga legislaif tersebut.

Pertemuan tersebut untuk tukar informasi dan pemikiran, guna peningkatan kinerja sesuai bidang tugas serta fungsi masing-masing, baik selaku birokrat maupun insan pers. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011