Jakarta (ANTARA) - Tim bulu tangkis Indonesia dipastikan mengikuti ajang Kejuaraan Asia Beregu 2022 pada 15-20 Februari di Malaysia dengan menurunkan atlet-atlet muda.

"Di ajang ini, kami memberikan kesempatan kepada pemain muda untuk merasakan atmosfer kejuaraan beregu," ujar Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin.

Menurut dia, keputusan tersebut merupakan kebijakan PP PBSI yang ingin mengorbitkan atlet muda dengan menguji mereka di turnamen besar, yang juga menjadi penilaian dan evaluasi untuk persiapan babak final Piala Thomas dan Uber.

Baca juga: Berpisah dari Hafiz, Gloria berpasangan dengan atlet muda PB Djarum 

Chico Aura Dwi Wardoyo (23 tahun) menjadi pebulu tangkis tertua di skuad putra, sementara Gregoria Mariska Tunjung (22 tahun) menjadi srikandi paling senior yang menghuni tim putri.

Rionny mengatakan Garuda Muda sudah melakukan persiapan selama dua minggu. PBSI pun optimistis para pemain mampu beraksi maksimal di ajang dua tahunan ini.

"Persiapannya sudah kami lakukan sebelum SK pemanggilan. Jadi skuad ini, baik putra maupun putri, adalah tim yang terpilih dan terbaik," tutur Rionny.

Pebulu tangkis yang dipilih adalah atlet yang dinilainya siap dan sedang dalam performa yang bagus. Terutama di tim putra, Rionny meyakini kemampuan mereka sudah mendekati seniornya.

"Mereka hanya kalah pengalaman dan jam terbang saja. Ini menjadi kesempatan mereka untuk lebih berkembang lagi," kata Rionny.

Baca juga: PBSI panggil 88 atlet bergabung Pelatnas bulu tangkis di Cipayung 

Tim putra Indonesia datang ke Malaysia dengan status juara bertahan tiga kali, dengan gelar dari edisi India 2016, Malaysia 2018 dan Filipina 2020. Tim putra juga sudah mengantongi tiket putaran final Piala Thomas dan Uber karena statusnya yang juga juara bertahan.

Berikut susunan Garuda Muda di Kejuaraan Beregu Asia 2022:
Tim Putra:
1. Chico Aura Dwi Wardoyo
2. Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay
3. Christian Adinata
4. Yonathan Ramlie
5. Leo Rolly Carnando
6. Daniel Marthin
7. Pramudya Kusumawardana
8. Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan
9. Bagas Maulana
10. Muhammad Shohibul Fikri

Tim Putri:
1. Gregoria Mariska Tunjung
2. Putri Kusuma Wardani
3. Saifi Rizka Nurhidayah
4. Bilqis Prasista
5. Stephanie Widjaja
6. Nita Violina Marwah
7. Febriana Dwipuji Kusuma
8. Amallia Cahaya Pratiwi
9. Lanny Tria Mayasari
10. Jesita Putri Miantoro 

Baca juga: Praveen/Melati siap hadapi tantangan baru usai terdepak dari pelatnas 
Baca juga: Calon penghuni Pelatnas PBSI jalani rangkaian tes penilaian potensi 

 

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2022