Jakarta (ANTARA) - Koenigsegg dikabarkan akan meluncurkan sebuah unit penggerak listrik baru yang dikembangkan oleh perusahaan dengan menggunakan motor listrik yang juga baru.

Dikenal sebagai Terrier, unit penggerak listrik vektor torsi ini menggunakan dua motor Quark dengan "torsi baru yang kaya dengan daya, antara topologi fluks radial (padat daya) dan raksial (padat torsi) yang mereka juluki sebagai Fluks Raksial.

Dalam hal ini, perusahaan akan menggabungkan Terrier dengan inverter David dan perlengkapan planetary. Lebih penting lagi, perusahaan mencatat bahwa Terrier adalah "unit penggerak vektor torsi paling padat daya di industri EV."

Baca juga: Sepeda motor listrik cruiser Komaki Ranger resmi meluncur di India

Dikutip dari CarsCoops, Selasa, perusahaan mengklaim bahwa motor listrik Quark menghasilkan tenaga sebesar 335 hp (250 kW / 340 PS) dan torsi 442 lb-ft (600 Nm).
Hasilnya, setiap Terrier 187 pon (85 kg) menghasilkan 671 hp (500 kW / 680 PS). Namun, perusahaan mengatakan torsi puncak hanya 811 lb-ft (1.100 Nm) daripada yang diharapkan 885 lb-ft (1.200 Nm).

Koenigsegg mengatakan "penggerak utama" untuk pengembangan motor listrik Quark adalah untuk melanjutkan warisan pemecahan rekor mereka dengan Gemera, sementara juga "menawarkan peluang pasar yang lebih luas untuk memanfaatkan e-motor yang kaya torsi dan ultra-kompak.

Nantinya, tidak hanya dapat digunakan oleh kendaraan listrik, teknologi ini juga akan bisa diaplikasikan untuk kapal dan pesawat.

Koenigsegg melanjutkan dengan menunjukkan bahwa Quark adalah satu-satunya partikel yang mengalami keempat gaya fundamental (elektromagnetisme, gravitasi, interaksi kuat, dan interaksi lemah).

Pada akhirnya, Terrier adalah unit penggerak listrik yang ringan dan kuat yang ringkas dan dapat langsung dipasang ke sasis. Karena itu, perusahaan akan memiliki lebih banyak hal untuk dikatakan tentang Terrier di masa depan.

Baca juga: Motor listrik Cyborg GT 120 dengan jangkauan 180 km dirilis di India

Baca juga: Permintaan tinggi, Ather India tingkatkan produksi skuter listrik

Baca juga: Spesifikasi Nusa Khatulistiwa, motor sport listrik buatan Indonesia
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022