Gempa 5,3 SR Guncang Sukabumi

Gempa 5,3 SR Guncang Sukabumi

Ilustrasi (ANTARA/Noveradika)

Sukabumi (ANTARA News) - Sukabumi, Jawa Barat, diguncang gempa berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR), yang tidak berpotensi terjadinya gelombang pasang air laut (tsunami) dan tidak membuat warga wilayah tersebut panik..

Menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berpusat di 7.16 derajat  Lintang Selatan (LS) dan 106.27 derajat Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 59 kilometer (km), serta berada sekira 76 km Barat Daya kota Sukabumi.

"Kami belum menerima informasi adanya kerusakan akibat gempa yang berpusat di Barat Daya Sukabumi ini," demikian penjelasan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi kepada ANTARA News, Minggu.

Namun, BPBD telah menugasi anggotanya di lapangan untuk meninjau dan memeriksa khawatir gempa tersebut menyebabkan kerusakan dan korban."Dilaporkan bahwa gempa tersebut tidak terasa di beberapa daerah," ujarnya.

Dina, warga Desa Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, menyatakan bahwa dirinya sempat merasakan gempa yang berdurasi hanya beberapa detik saja."Saya merasa gempa tetapi tidak terlalu besar getarannya," katanya.

Gempa yang terjadi pada pukul 17.59 WIB tersebut tampaknya tidak menyebabkan kepanikan penduduk karena hanya beberapa warga saja yang merasakan gempa ini. (*)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Sepanjang 2019, sebanyak 1659 gempa melanda Maluku Utara

Komentar