Jakarta (ANTARA) - Mercedes-Benz Cars & Vans telah menjual lebih dari 2,4 juta unit kendaraan sepanjang 2021, turun sekitar 4 persen dibanding tahun sebelumnya, terutama dipengaruhi oleh gangguan pasokan chip atau semikonduktor yang menghambat produksi.

Mercedes-Benz melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa lonjakan pesanan pelanggan dapat dipenuhi sesegera mungkin. Tanggal ketika pelanggan melakukan pemesanan dipertimbangkan ketika chip yang langka dialokasikan untuk produksi kendaraan.

Baca juga: Mercedes-Benz dan ProLogium kembangkan baterai kapasitas tinggi

"Situasi pasokan semikonduktor tetap tidak stabil dan kekurangan tersebut diperkirakan akan berdampak pada kuartal mendatang dalam hal produksi dan penjualan," kata Mercedes-Benz dalam pernyataan resminya, dikutip Rabu.

Pabrikan mobil Jerman itu mengatakan, permintaan kendaraan Mercedes-Benz tetap tak terputus karena kendaraan Mercedes-Maybach, Mercedes-AMG, dan G-Class mencapai rekor penjualan baru pada tahun 2021, menggarisbawahi kekuatan pasar dunia.

Pengiriman Mercedes-Benz plug-in hybrid dan mobil penumpang listrik mencapai rekor 227.458 unit (+69,3%) di mana 48.936 adalah mobil penumpang listrik baterai Mercedes-EQ (BEV) (+154,8%). Termasuk smart dan Mercedes-Benz Vans, total penjualan BEV naik di atas 99.000 unit.

Sejak EQS mulai dijual pada Agustus 2021, pesanan untuk flagship listrik mencapai 16.370. Peluncuran ritel di dua pasar terbesar--Amerika Serikat dan China--dimulai pada bulan Desember, memberikan dorongan lebih lanjut untuk pesanan pelanggan.

Secara keseluruhan untuk kendaraan penumpang, Mercedes-Benz mengirimkan 2.093.476 kendaraan (-5,0%) antara Januari dan Desember, karena kurangnya semikonduktor menunda pasokan kendaraan meskipun permintaan yang kuat untuk mobil penumpang dan van di semua segmen dan di semua wilayah. Akibatnya, penjualan di kuartal keempat turun 24,7 persen.

Pengiriman Mercedes-Benz S-Class naik 40 persen menjadi 87.064 unit, dengan penjualan di China menyumbang 35,5 persen dari permintaan global sementara penjualan G-Class melonjak ke rekor baru 41.174 kendaraan dan pengiriman model Mercedes-AMG mencapai 145.979 (+16,7%).

Penjualan Mercedes-Maybach meningkat menjadi 15.730 unit (+50,7%), didorong oleh China di mana penjualan mobil Mercedes-Maybach lebih dari 900 per bulan.

Lebih dari 9.000 van listrik dijual untuk penggunaan komersial tahun lalu, dua kali lipat jumlahnya dibandingkan dengan tahun 2020 dan semakin meningkatkan pangsa kendaraan listrik dalam armada van komersial.

Van panel eVito, diluncurkan pada bulan Desember, akan meyakinkan pelanggan lebih lanjut untuk mengemudi secara elektrik pada tahun 2022 dengan varian baterai tambahan dan fungsi pengisian cepat sebagai standar.


Baca juga: Produsen baterai Taiwan kerja sama dengan Mercedes-Benz

Baca juga: Daimler AG ganti nama jadi Mercedes-Benz, efektif 1 Februari

Baca juga: Be-Benz Day 2022 dihadiri perwakilan dari Malaysia dan Brunei
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022