Palembang (ANTARA News) - Pelatih tim nasional bola voli Dadang Sudrajat mengatakan bahwa tim Indonesia menargetkan lolos ke babak delapan besar Kejuaraan Voli Antarklub Putra se-Asia di Palembang, Sumatera Selatan, 23 hingga 31 Juli 2011.

"Kami tidak memasang target muluk-muluk mengingat tim-tim kuat di Asia ambil bagian pada kejuaraan ini, ada Jepang yang menjadi juara pada kejuaraan senior di Manila, dan Iran yang menjadi juara dua tahun lalu," ujar Dadang di Palembang, Senin.

Dia menambahkan, target delapan besar itu cukup realistis, mengingat tim hanya dipersiapkan dalam waktu kurang dari dua minggu.

"Para pemain baru berkumpul kira-kira dua minggu lalu, setelah sebelumnya memperkuat klub masing-masing pada ajang Proliga dan Piala Presiden di Bandung," kata dia lagi.

Kejuaraan Voli Asia ini akan diikuti oleh 12 klub perwakilan dari 12 negara, yakni Etisalat (Afghanistan), Tang Dhynasty (China), Paykan (Iran), Bank SumselBabel (Indonesia), Sakai Blazers (Jepang), Asia World Club (Myanmar), Ar Rayyan (Qatar), Chang (Thailand), Talyp Sport (Turkmeinistan), Almaty (Kazakstan), Uzbektelecom (Uzbekistan), dan Vietnam (PTSC).

Tim Indonesia akan berada satu grup dengan Jepang, China, Afghanistan, Uzbekistan, dan Vietnam. "Target kami mencari poin dengan Afghanistan, Uzbekistan, dan Vietnam. Sedangkan untuk Jepang, bisa dikatakan mimpi bagi Indonesia untuk mendapatkan kemenangan dari mereka," ujar dia pula.

Dia beralasan, sikap pesimistis itu mempertimbangkan Jepang yang telah memantapkan diri sebagai kekuatan voli dunia.

"Bukannya kita kalah mental, tapi memang harus diakui Indonesia beda kasta dengan Jepang. Mereka sudah berlaga di ajang level dunia, sementara Indonesia hanya sebatas Asia," kata dia lagi.

Ia menambahkan, ajang kejuaraan ini menjadi kesempatan Indonesia untuk berujicoba sebelum berlaga pada ajang SEA Games, 11-22 November 2011.

"Pada SEA Games nanti kami optimistis bisa mewujudkan target meraih medali emas, karena telah memiliki persiapan cukup matang jika dibandingkan dengan kejuaraan Asia ini. Apalagi, tim akan melakukan pemantapan dengan berlatih di Iran pada awal September nanti," ujar Dadang pula.

Pada kejuaraan itu, Tim Indonesia akan diperkuat oleh 12 pemain yang tiga dua di antaranya adalah pemain BankSumsel Babel.

(ANT-037/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011