Semua calon pemimpin ke depan, harus punya imajinasi, inovasi, kreativitas...
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman meminta para generasi muda khususnya mahasiswa di Indonesia untuk memiliki jiwa inovasi dan kreativitas agar mampu menjadi pemimpin yang berkualitas.

Dudung, saat memberikan kuliah tamu di Universitas Brawijaya, di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu, mengatakan bahwa para mahasiswa atau generasi muda nantinya akan menggantikan posisi pemimpin yang ada di Indonesia.

"Semua calon pemimpin ke depan, harus punya imajinasi, inovasi, kreativitas, termasuk visi dan misi serta memiliki cita-cita dan harapan," kata Dudung di hadapan puluhan mahasiswa Universitas Brawijaya.

Dudung menambahkan, para mahasiswa tersebut harus memiliki inovasi, imajinasi, dan kreativitas agar mampu menjadi pemimpin yang berkualitas. Cita-cita dan harapan, diharapkan mampu menjadi pemicu lahirnya inovasi dari para generasi muda tersebut.

"Kalau tidak punya itu semua, nanti akan jadi pemimpin biasa-biasa saja. Hanya rata-rata air kalau bahasa tentara," ujarnya.

Ia menjelaskan, imajinasi yang harus dimiliki seorang pemimpin adalah mampu untuk memiliki daya pikir guna memprediksi tantangan dan upaya untuk menghadapinya. Kemudian, inovasi berarti seorang pemimpin mampu memiliki gagasan baru dalam mencapai tujuan organisasi.

Visi dan misi, katanya lagi, merupakan tujuan dan cara untuk mencapai tujuan yang diinginkan dari seorang pemimpin strategis dan cita-cita serta harapan berarti memiliki harapan untuk terus bekerja dalam upaya menggapai cita-cita yang diinginkan.

Namun, Dudung mengingatkan, meskipun para generasi muda telah memiliki visi dan misi, inovasi, kreativitas, dan imajinasi, juga harus dibarengi dengan adanya sikap yang baik dari para calon pemimpin muda tersebut.

"Namun, itu semua akan percuma jika tidak dibarengi dengan kebaikan," katanya pula.

Ia menambahkan, untuk menjadi seorang pemimpin yang berhasil ada tiga kunci utama yang harus diterapkan khususnya bagi para generasi muda Indonesia. Pertama adalah melupakan masa lalu, melakukan hal yang terbaik secara optimal dan harus memperjuangkan cita-cita.

Menurutnya, dengan tiga kunci utama tersebut bisa diterapkan oleh generasi muda Indonesia, diharapkan mampu lahir para pemimpin yang berkualitas dan baik untuk masyarakat. Selain itu, para calon pemimpin juga diharapkan tidak bergantung kepada orang lain.

"Masa lalu tidak akan kembali, tidak bisa diulangi. Kemudian, lakukan yang terbaik hari ini secara optimal dan cita-cita merupakan angan-angan yang harus diperjuangkan. Keberhasilan itu penuh perjuangan," katanya lagi.

Dalam kesempatan itu, Dudung juga menceritakan sejumlah pengalaman yang dilaluinya kepada para mahasiswa yang hadir. Sejumlah pengalaman tersebut, diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi para generasi muda untuk menjadi pemimpin yang berkualitas.
Baca juga: Kasad pimpin sertijab Pangkostrad Mayjen TNI Maruli Simanjuntak
Baca juga: Kasad berkomitmen jadikan RSPAD rumah sakit militer berkelas dunia


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022