Jakarta (ANTARA) - Pebalap sepeda tim Ineos Granadiers Egan Bernal akan menjalani bedah saraf untuk kedua kalinya menyusul kecelakaan yang ia alami saat berlatih di Kolombia pada pekan lalu.

Mantan juara Tour de France itu menabrak bus yang terparkir di pinggiran kota Bogota sehingga mengalami cedera serius di tulang belakang, kaki dan dada.

Dia dilarikan ke rumah sakit di Bogota dan telah menjalani bedah saraf pertama.

Baca juga: Egan Bernal akan dioperasi usai kecelakaan saat berlatih di Kolombia

Pihak rumah sakit pada Selasa menyatakan hasil tes baru mengonfirmasi perlunya operasi tulang belakang untuk kali kedua bagi Bernal.

"Setelah kemajuan dalam pemulihan... pencitraan diagnosis baru dilakukan dan ditetapkan, secara interdisipliner, bahwa dia akan menjalani operasi di tingkat tulang belakang leher," demikian pernyataan rumah sakit seperti dikutip Reuters, Rabu.

Intervensi itu disebut pihak rumah sakit akan membantu proses rehabilitasi Bernal.

Lewat sosial media pada 29 Januari, Bernal mengatakan terdapat kemungkinan 95 persen dirinya akan menderita paraplegia atau lumpuh pada anggota gerak, dimulai dari panggul ke bawah, karena kecelakaan tersebut.

Rekan satu tim Bernal, Brandon Rivera juga mendapat perawatan di rumah sakit yang sama menyusul cedera di siku dan bahu menyusul kecelakaan yang berbeda saat berlatih di area yang sama.

Baca juga: Bernal mulai pemulihan setelah jalani bedah syaraf
Baca juga: Bernal perpanjang kontrak Ineos Grenadiers sampai 2026

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022