Manado (ANTARA) - Akumulasi warga Sulawesi Utara (Sulut) yang terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 34.903 orang sejak kasus pertama diumumkan tengah Maret 2020 lalu.

"Hari ini bertambah sembilan kasus baru COVID-19," kata Jubir Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulut, dr Steaven Dandel MPH di Manado, Rabu.

Sembilan kasus baru itu, terbanyak berasal dari Kota Manado yakni lima orang, diikuti Kabupaten Minahasa, Kota Tomohon, Kabupaten Bolaang Mongondow dan luar wilayah masing-masing satu orang.

Satgas berharap, masyarakat di provisi berpenduduk lebih 2,6 juta jiwa itu disiplin menerapkan protokol kesehatan ketika melakukan aktivitas.

Baca juga: Kasus baru COVID-19 di Sulut merangkak naik

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Sulut bertambah 11 kasus


Selain itu, mendatangi tempat-tempat yang menyediakan layanan vaksinasi untuk mendapatkan vaksinasi dosis pertama, kedua maupun booster.

Saat ini, lanjut dia, warga Sulut yang telah dinyatakan sembuh dari COVID-19 yakni sebanyak 33.695 orang atau sebesar 96,54 persen, tidak terjadi penambahan kasus sembuh.

Selanjutnya, kasus meninggal tercatat sebanyak 1.047 orang dengan angka kematian (case fatality rate) sebesar 3,00 persen.

Sedangkan, warga yang masih mendapatkan perawatan di rumah sakit ataupun tempat-tempat isolasi (kasus aktif) sebanyak 161 orang atau sebesar 0,46 persen.

Kasus baru COVID-19 di provinsi ujung utara Sulawesi ini kembali meningkat dalam sepekan ini, sebelumnya di bawah lima kasus bahkan ada beberapa hari tidak terjadi penularan kasus baru.*

Baca juga: 31 kasus probable Omicron terdeteksi di Sulut

Baca juga: Dua daerah di Sulut zona hijau penularan COVID-19

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022