memperhatikan episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi
Medan (ANTARA) - Gempa bumi tektonik dangkal terjadi pada Kamis pukul 02.29 WIB dirasakan di Desa Panggautan, Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini bermagnitudo 4,9," kata Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, Darmawan di Medan, Kamis.

Ia mengatakan episenter gempa bumi yang terjadi pada koordinat 0.83 LU dan 98.50 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 81 km Nias Selatan pada kedalaman 45 kilometer.

Baca juga: BMKG prakirakan sejumlah kota besar di Indonesia alami hujan ringan

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi .

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Desa Pangautan Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal dengan Skala Intensitas I-II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Baca juga: BMKG prakirakan curah hujan di Jateng selatan masih tinggi

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Hingga pukul 03.30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada kejadian gempa bumi susulan.

Kepada masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Baca juga: Gempa M 6,1 di Maluku Barat Daya akibat subduksi di Laut Banda

Baca juga: BMKG catat terjadi 27 gempa Aceh-Sumut pekan ke empat Desember


Pewarta: Juraidi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022