Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Pusat Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akan meminta bantuan dan mengkonsultasikan format kompetisi sepakbola nasional dengan Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) pada 25 Juli mendatang.

"Rencananya kami akan berkonsultasi dengan AFC sekaligus mengadakan pertemuan dengan seluruh klub sepakbola profesional yang bernaung di LSI, Divisi Utama dan Liga Primer Indonesia," ujar anggota Komite Eksekutif PSSI bidang Koordinator Kompetisi, Sihar Sitorus kepada wartawan di Jakarta, Selasa (19/7).

Sihar mengatakan, hingga kini format kompetisi level tertinggi nasional itu belum bisa dipastikan kapan akan dimulai.

Lazimnya, kompetisi tersebut dimulai selepas hari raya Idul Fitri seperti yang terjadi pada musim kompetisi pada waktu-waktu sebelumnya.

PSSI masih mempelajari format yang pas dan bisa diterapkan untuk musim 2011-2012.

Menyusul masuknya LPI ke dalam supervisi PSSI, beredar wacana ada keinginan dari pengelola Liga Primer Indonesia (LPI) untuk menggabungkan kompetisinya dengan Liga Super Indonesia yang terikat dengan regulasi resmi dari FIFA dan AFC.

"Untuk menghimpun masukan dan buah pikiran itu kami akan mengundang seluruh pihak yang terkait guna membahasnya pada 25 Juli mendatang. Diharapkan ada titik temu sehingga kompetisi tak tertunda-tunda," ujarnya.

Mengenai diundangnya pihak AFC, lanjutnya, PSSI ingin mendapatkan gambaran tentang liga di negara-negara lain untuk dijadikan percontohan agar sepakbola Indonesia bisa bangkit.

"Tunggu saja tanggal 25 Juli nanti. Kami menginginkan adanya pencerahan dari mereka sehingga sepakbola Indonesia bisa bangkit," kata Sihar Sitorus.
(*)





 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011