Makassar (ANTARA) - Plt Direktur Pendanaan Riset dan Inovasi, Deputi Bidang Fasilitasi Riset dan Inovasi BRIN Dr Hotmatua Daulay mengatakan pihaknya menyediakan beberapa skema fasilitas dan pendanaan riset pada tahun ini.

Hotmatua pada acara sosialisasi bersama Direktorat Riset Unhas secara virtual, Kamis, menyebutkan diantaranya program Fasilitasi Hari Layar, Pendanaan Ekspedisi dan Eksplorasi, Pusat Kolaborasi Riset.

"Saat ini BRIN juga memiliki pendanaan Prioritas Riset Nasional (PRN) yang diberikan kepada institusi tertentu untuk melaksanakan PRN yang menjadi implementasi dari Rencana Induk Riset Nasional (RIRN), misalnya saja riset mengenai COVID-19. Dimana melakukan penelitian kolaboratif terkait virus COVID-19," kata Hotmatua

Ia menuturkan BRIN merupakan lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada presiden dalam penyelenggaraan penelitian, pengkajian, pengembangan hingga invensi dan inovasi.

Baca juga: LPDP danai 17 kontrak riset baru senilai Rp281,46 miliar pada 2021

Baca juga: BRIN-Bappenas kolaborasi dukung kebijakan pembangunan berbasis riset


BRIN, lanjut dia, mempunyai tiga arah dan tujuh target yang perlu dioptimalkan.

Materi lainnya disampaikan Pusat Data dan Informasi BRIN Doni Dwi Hantyoko yang membahas seputar "Panduan Pengunggahan Usulan Riset dan Inovasi".

Ia mengatakan situs website yang digunakan untuk mengelola program pendanaan riset dan inovasi BRIN, baik secara internal maupun eksternal dapat melalui laman http ://pendanaan-risnov.brin.go.id. Doni juga memberikan gambaran terkait tata cara para periset mengunggah proposal risetnya pada laman yang tersedia.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan Unhas Prof dr Muh Nasrum Massi PhD., Sp.MK menjelaskan sosialisasi tersebut bertujuan memotivasi peneliti untuk merancang topik yang berdampak pada peningkatan publikasi.

"Tahun ini target artikel kita adalah 2.500 naskah pada jurnal bereputasi. Sementara itu, pendanaan internal Unhas terbatas. Sehingga, informasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi para peneliti Unhas untuk mengakses sumber dana dalam melaksanakan penelitian," jelasnya.

Baca juga: BRIN integrasikan 919 unit riset di 74 K/L

Baca juga: BRIN salurkan imbal hasil dana abadi riset berbasis kompetisi

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022