potensi desa pesisir yang sangat luar biasa ini dapat terekspos
Jakarta (ANTARA) -
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar meminta Asosiasi Desa Pesisir untuk memperkuat sinergi kawasan pesisir.
 
Menurut Mendes, dengan sinergi, keberadaan asosiasi akan mendorong penguatan perekonomian desa-desa pesisir serta bermanfaat bagi warga sekitar.
 
"Adanya sinergi yang kuat dari seluruh instansi terkait akan menjadikan Asosiasi Desa Pesisir bukan hanya sebagai asosiasi. Lebih dari itu, harus memberikan manfaat bagi desa juga warga masyarakat sekitar," ujar Mendes dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.
 
Ia mengimbau para inisiator Asosiasi Desa Pesisir untuk mengintensifkan roadmap (peta jalan) yang menjadi acuan program serta berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait.
 
"Artinya kemudian sudah ada bayangan dan roadmap yang jelas. Melibatkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Perhubungan dan lainnya," ujarnya saat menerima kunjungan inisiator Asosiasi Desa Pesisir, Eduart Wolok, Kamis (3/2).

Baca juga: Mendes PDTT apresiasi Pesisir Selatan bangun kawasan transmigrasi
 
Menurutnya, potensi yang dimiliki desa-desa di kawasan pesisir cukup besar, seperti program revitalisasi pelabuhan, pemulihan underwater restocking, kebutuhan alat penangkapan ikan hingga penguatan produksi budi daya perikanan laut.
 
Oleh karena itu, Mendes mengatakan, diperlukan sinergi antar kementerian dan instansi lain untuk mendukung program peningkatan produksi perikanan.
 
"Apalagi permintaan pasar ikan di luar negeri sangat tinggi. Hal ini tentunya dapat meningkatkan nilai tambah secara ekonomi bagi warga desa pesisir yang mayoritas nelayan," tuturnya.
 
Dalam kesempatan itu, inisiator Asosiasi Desa Pesisir, Eduart Wolok menyampaikan pihaknya akan berupaya untuk mengoneksikan desa-desa pesisir di seluruh Indonesia.
 
"Harapan saya, desa-desa yang memiliki pelabuhan, dermaga dan juga tempat Pelelangan Ikan dapat terkoneksi. Selain itu, potensi desa pesisir yang sangat luar biasa ini dapat terekspose dengan baik," katanya.
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022