Dalam pembicaraan mendatang itu, pihak-pihak tersebut akan, seperti disepakati sebelumnya, meneruskan pembicaraan mereka mengenai usulan mereka masing-masing mengenai sebuah permukiman, termasuk masalah badan pemilihan dan mekanisme bagi penentuan na
PBB, New York (ANTARA News/AFP) - Putaran kedelapan pembicaraan informal yang dipimpin PBB antara Maroko dan Front Polisario mengenai konflik Sahara Barat dimulai Rabu waktu setempat di pinggiran kota New York dan akan berakhir Kamis.

"Dalam pembicaraan mendatang itu, pihak-pihak tersebut akan, seperti disepakati sebelumnya, meneruskan pembicaraan mereka mengenai usulan mereka masing-masing mengenai sebuah permukiman, termasuk masalah badan pemilihan dan mekanisme bagi penentuan nasib sendiri," kata PBB dalam sebuah pernyataan resmi.

Pembicaraan informal antara Maroko dan Polisario telah dilanda kegagalan terus-menerus.

Dewan Keamanan PBB telah mengesahkan sebuah resolusi pada akhir April lalu bagi mandat satu tahun Misi PBB di Sahara Barat (Minurso) yang akan berlaku hingga April 2012, serta meminta pada Maroko dan Polisario untuk meningkatkan pembicaraan mereka.

Sahara Barat adalah bekas jajahan Spanyol yang dicaplok oleh Maroko pada 1975.

Rabat telah mengusulkan otonomi penuh yang besar pada Sahara Barat dengan pemerintah lokal dan parlemen yang berkuasa. Front Polisaro, didukung oleh Aljazair, menolak rencana Maroko itu dan menyatakat masyarakat Sahara Barat memiliki hak untuk menentukan nasib sendiri melalui referendum.

(S008)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011