Makassar (ANTARA) - Sekretaris Umum Persaudaraan Sehorinji Kempo Seluruh Indonesia (Perkemi) Sulawesi Selatan Bonay Syam berharap ketua umum baru PB Perkemi, Laksdya TNI (Purn) Agus Setiadji, bisa memperjuangkan olahraga itu untuk dipertandingkan di SEA Games 2023 Kamboja.

Agus Setiadji baru saja terpilih secara aklamasi menjadi Ketum PB Perkemi 2022-2026 mengggantikan Saifudin Aswari Rivai dalam forum Musyawarah Persaudaraan Nasional (Mupernas) kempo di Graha Garda Dirgantara, Jakarta, Kamis.

"Harapannya bagaimana Perkemi ke depan semakin berkembang dan mengupayakan kembali dipertandingkan lagi di SEA Games 2023 di Kamboja," kata Bonay dihubungi dari Makassar.

Baca juga: Indonesia borong 20 medali dari Kejuaraan Dunia Kempo 2021 di Turki

Harapan tersebut menjadi pesan masyarakat kempo seluruh Indonesia, mengingat terakhir kali olahraga beladiri itu dipertadingkan pada SEA Games 2013 Myanmar.

"Kalau tidak salah pernah juga dipertandingkan saat pelaksanaan SEA Games 2011 di Jakarta dan Palembang. Memang tergantung tuan rumah, karena ini bukan cabang olahraga olimpik. Namun kami tentu berharap bisa terus diperjuangkan," ujarnya.

Setelah terpilih, Agus Setiadji fokus untuk menjalankan visi dan misinya diantaranya memasyarakatkan dan mengembangkan cabang olahraga kempo melalui media sosial.

Serta akan lebih rutin berkunjung ke daerah-daerah untuk memberikan bimbingan. Termasuk mengirimkan guru-guru berpengalaman untuk memberikan pengetahuan bagi pengurus daerah.

Baca juga: Persaingan shorinji kempo dinilai semakin ketat

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022