Jakarta (ANTARA) - Direktur Teknik Dewa United Surabaya Wijaya Saputra mendukung dan menilai langkah penyelenggara Liga Bola Basket Indonesia (IBL) Tokopedia 2022 untuk menunda lanjutan pertandingan seri kedua di Bandung merupakan langkah yang tepat.

Menurut dia, kesehatan dan keselamatan pemain adalah aspek paling utama dalam situasi pandemi COVID-19. Seperti diketahui, para pemain dari sejumlah tim peserta IBL dan perangkat pertandingan dinyatakan positif terpapar virus corona.

Dua pemain di antaranya adalah pebasket Dewa United, yakni Dio Tirta dan Kaleb Ramot Gemilang yang terkonfirmasi positif COVID-19 mengacu hasil tes usap PCR yang dilakukan IBL, Selasa (1/2/).

Baca juga: IBL umumkan 13 temuan baru kasus positif COVID-19 

Hal itu lantas membuat pihak manajemen IBL memutuskan untuk mengistirahatkan sementara pertandingan pada seri kedua, setidaknya hingga akhir pekan ini sebagai upaya mitigasi penyebaran COVID-19.

"Tentu penundaan pertandingan ini menjadi langkah yang tepat dari IBL. Karena bagi kami dan tentunya seluruh tim peserta, faktor kesehatan dan keselamatan pemain menjadi hal utama yang harus diperhatikan," kata Wijin, sapaan akrab Wijaya Saputra, dalam keterangan tertulis, Kamis.

Pada seri kedua, Dewa United sebelumnya dijadwalkan melakoni laga 'Derby Surabaya' menghadapi Pacific Caesar, Rabu (2/2). Selain itu, mereka juga seharusnya menjalani pertandingan terakhir seri kedua melawan Satria Muda, Jumat (3/2).

"Pada prinsipnya, kami akan mengikuti keputusan terbaik yang diambil oleh IBL. Yang terpenting, keputusan yang diambil bersifat adil untuk seluruh tim," ujar Wijin.

Baca juga: Seluruh pertandingan IBL 2022 hari ini ditunda gara-gara COVID-19 

Sementara terkait dua pemain Dewa United yang positif terpapar COVID-19, ia berharap mereka lekas pulih.

"Saat ini, mereka sedang menjalani karantina, tetap semangat dan semoga lekas pulih. Untuk para pemain lainnya agar jangan abai dan terus disiplin menjalankan protokol kesehatan," ungkap Wijin.

Sebelumnya, Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah mengatakan pihaknya berencana memperpanjang seri kedua di Bandung sehingga seluruh pertandingan yang tersisa dapat dilanjutkan.

"Meskipun terdapat kasus positif, personel yang sehat sejauh ini lebih banyak dan terdapat juga personel yang awalnya positif, telah sembuh dengan hasil negatif. Mengingat musim kompetisi masih panjang, sementara ini demi mencegah dan menghentikan penyebaran, sisa pertandingan seri kedua kami istirahatkan," tegas Junas. 

Baca juga: IBL hentikan sementara pertandingan seri kedua untuk mitigasi COVID-19 
Baca juga: Hasil IBL 2022: Dewa United dan Hangtuah telan kekalahan perdana 

 

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2022