Jakarta (ANTARA) - NBA pada Kamis memperkenalkan Trofi Kobe Bryant baru yang diberikan untuk Pemain Terbaik (MVP) laga All-Star dengan berbagai detil desainnya diterapkan untuk mengenang mendiang mantan bintang Los Angeles Lakers itu.

Selepas kecelakaan helikopter yang menewaskan Bryant, putrinya Gianna, dan tujuh orang lainnya, Komisioner NBA Adam Silver memberi penghormatan dengan menamai trofi MVP All-Star sebagai Trofi Kobe Bryant.

Desain baru trofi tersebut terbagi dalam lima bagian yang setiap rancangannya dipilih untuk mengenang Bryant sekaligus hal-hal monumental terkait NBA.

Bagian pertama berupa pondasi dasar trofi berbentuk oktagonal melambangkan usia NBA yang memasuki dasawarsa kedelapan serta mewakili nomor punggung 8 yang pernah dikenakan Bryant.

Baca juga: Patung Kobe dan Gigi Bryant diletakkan di lokasi kecelakaan

Di sekitar pondasi dasar itu terdapat 18 bintang yang mengelilingi, mewakili capaian Bryant yang sepanjang kariernya 18 kali terpilih masuk dalam All-Star.

Pondasi dasar trofi berukuran setinggi dua inci (5,08 cm) mewakili keberhasilan Bryant memenangi MVP All-Star pertamanya pada 2002.
Level pertama di atas pondasi terdapat 24 bintang yang melambangkan 24 pemain terpilih untuk tiap laga All-Star serta mewakili nomor punggung 24 yang juga identik dengan Bryant.

Di level pertama ini Trofi Kobe Bryant mencapai ukuran setinggi tujuh inci (17,78 cm) mewakili kali kedua Bryant memenangi MVP All-Star 2007.

Level kedua terdapat 10 bintang yang melambangkan 10 pemain starter laga All-Star sekaligus nomor punggung yang dikenakan Bryant di tim nasional Amerika Serikat, dengan ukuran yang bertambah jadi sembilan inci (22,86 cm) mewakili trofi MVP All-Star 2009 yang diraih Bryant.

Level ketiga menampilkan lima bintang yang disebut sebagai lambang kesatuan sebuah tim NBA serta mewakili lima cincin juara NBA yang dimiliki Bryant, dengan ukuran yang kini mencapai 11 inci (27,94 cm) mewakili trovi MVP All-Star yang dimenangi mendiang pada 2011.

Baca juga: Kobe Bryant diabadikan dalam Hall of Fame

Level teratas berupa sebuah bintang tunggal, yang mewakili satu trofi MVP NBA yang dimenangi Bryant pada 2007/08 dengan ukuran tambahan dua inci (5,08 cm) lagi mewakili dua kali Bryant menjadi MVP Final NBA pada 2009 dan 2010.

Trofi Kobe Bryant baru ini dihadirkan NBA menggandeng seniman Victor Solomon yang kerap dipercaya oleh para bintang NBA serta pernah merancang jersey spesial Boston Celtics untuk memperingati pensiunnya Paul Pierce.

Selain Trofi Kobe Bryant untuk MVP All-Star, NBA juga memperkenalkan trofi lain yang diperebutkan sepanjang pekan jeda All-Star.

Di antaranya dalah trofi juara Kontes Slam Dunk, Kontes Tripoin, Kontes Ketangkasan, MVP Laga Rising Stars, Kontes Tantangan Clutch dan MVP Laga All-Star Selebritis.

Pekan All-Star dijadwalkan berlangsung pada 18-20 Februari nanti di kandang Cleveland Cavaliers yakni Rocket Mortgage FieldHouse, Ohio, dengan laga All-Star dimainkan pada 20 Februari.

Baca juga: Nikola Jokic dan Joel Embiid dua penampil terbaik NBA bulan Januari
Baca juga: Jazz, Kings dan Lakers kompak kembali ke jalur kemenangan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022