Jakarta (ANTARA) - Penataan trotoar di depan Rumah Sakit Umum (RSU) Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta Timur telah mencapai 75 persen.

Camat Kramat Jati Rudy Syahrul mengatakan, hingga kini proses penataan trotoar yang sebelumnya digunakan oleh pedagang kaki lima (PKL) untuk berjualan terus berjalan.

"Pekerjaan penataan trotoar UKI sudah hampir mencapai 75 persen. Dikerjakan oleh instansi teknis sudin dan kasatpel teknis kecamatan," kata Rudy Syahrul di Jakarta, Jumat.

Rudy menambahkan, penataan trotoar itu melibatkan Suku Dinas (Sudin) Bina Marga Jakarta Timur serta Sudin Pertamanan dan Hutan Kota yang bertugas menata area taman di trotoar.

Dia mengatakan, trotoar dengan panjang 157,86 meter dan lebar enam meter itu memiliki lebar jalan untuk pejalan kaki 1,2 meter. Diharapkan penataan trotoar itu dapat meningkatkan kenyamanan pejalan kaki.

"Insya Allah akhir bulan Februari 2022 pengerjaan ditargetkan selesai," ujar Rudy.

Baca juga: Trotoar di depan RSU UKI akan jadi taman
Baca juga: Pemkot Jaktim gandeng swasta untuk menata trotoar di depan RSU UKI
Sejumlah pedagang melakukan protes terkait penertiban trotoar tempat mereka berjualan di depan RSU Uki, Jakarta, Selasa (18/1/2022). ANTARA/Yogi Rachman
Rudy menjelaskan, PKL yang sebelumnya berjualan di trotoar masih menolak untuk pindah ke lokasi binaan (lokbin) yang telah disediakan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur masih berupaya membujuk agar para PKL bersedia direlokasi ke Lokbin yang berada di Cililitan (Kecamatan Kramat Jati) dan Lokbin Susukan (Kecamatan Pasar Rebo).

"Pemerintah saat ini hanya lokbin tersebut yang ada untuk mereka berdagang," tutur Rudy.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022