Jakarta (ANTARA News) -  Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) menegaskan, pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Partai Demokrat (PD) tanggal 23-24 Juli 2011 di Sentul, Jawa Barat, akan dijadikan momentum untuk mengevaluasi kinerja seluruh kader partai.

"Akan ada juga konsolidasi dan evaluasi secara keseluruhan kinerja partai sejak kongres di Bandung tahun lalu," kata Ibas melalui rilis yang diterima ANTARA News, Jakarta, Jumat.

Selain itu, Rakornas yang akan dibuka oleh Ketua Dewan Pembina PD Susilo Bambang Yudhoyono juga akan meminta komitmen kader PD untuk menjunjung hukum.

"Akan ada penegasan komitmen bagi seluruh kader partai untuk menjunjung setinggi-tingginya penegakan hukum dan mendukung sepenuhnya pemberantasan korupsi yang dicanangkan pemerintah," tambah Ibas.

Partai Demokrat, lanjut anggota Komisi I DPR RI itu, sangat serius dalam mendorong kader-kadernya agar fokus menjalankan amanah rakyat yang diembannya.

Menanggapi desakan “bersih-bersih” kader bermasalah, Ibas menjelaskan bahwa langkah koreksi yang dilakukan DPP PD akan mengacu pada prosedural partai sesuai AD/ART Partai Demokrat.

"Koreksi adalah hal yang lumrah dalam membangun organisasi partai agar semakin berkualitas. Terkait kader yang bermasalah, partai akan tetap berpegang teguh pada AD/ART Partai Demokrat sebagai landasan. Jika ada kader terduga masalah, maka akan kita tindak sesuai prosedur yang berlaku di internal partai. Ada teguran terbuka, tertutup, administratif dan tindakan disiplin lainnya," ungkap Ibas.

Politisi muda ini juga menambahkan, sikap tegas yang akan DPP PDD putuskan terhadap kader bermasalah harus mengacu pada proses hukum yang berjalan di Tanah Air.

"Langkah koreksi harus berdasarkan oleh pembuktian hukum yang jelas, kuat dan secara terang benderang. Bukan karena rumor, isu, atau pesan-pesan yang beredar di media, apalagi fitnah,” lanjut Ibas.

Selain konsolidasi dan evaluasi, agenda utama Rakornas Partai Demokrat juga akan membahas isu-isu nasional yang menjadi perhatian publik.

"Intinya, Rakornas ini akan menjadikan momentum refleksi individu kader dalam mempertahankan ruh Partai Demokrat sebagai partai yang bersih, cerdas dan santun, serta ajang pembuktian bahwa seluruh kader partai tetap mengedepankan membela kepentingan masyarakat," tutup Ibas. (zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011