Terasa sedikit. Getarannya lebih lemah dibandingkan gempa sebelumnya,
Jakarta (ANTARA) -
Gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,5 mengguncang wilayah Banten pada Jumat sekitar pukul 17.10 WIB yang guncangannya terasa hingga ke DKI Jakarta.

Guncangan gempa juga terasa di gedung Kantor Wali Kota Jakarta Selatan. Seorang pegawai mengatakan, getaran gempa terasa beberapa detik di lantai delapan kantor Wali Kota Jakarta Selatan.

"Terasa sedikit. Getarannya lebih lemah dibandingkan gempa sebelumnya, maka orang-orang enggak panik," katanya.

Sementara itu, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta Selatan, melalui pengeras suara mengumumkan agar seluruh pegawai yang berada di gedung tersebut turun ke lantai dasar melalui tangga darurat.

“Diimbau kepada seluruh pegawai yang masih berada di dalam gedung untuk berlindung di tempat yang lebih aman, yakni di luar gedung. Diimbau untuk tidak menggunakan lift, dan turun melalui tangga darurat,” kata petugas BPBD Jakarta Selatan lewat pengeras suara.

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,5 mengguncang wilayah Banten pada Jumat sekitar pukul 17.10 WIB, menurut informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang diterima di Jakarta.

Episentrum gempa berada di 71 km kilometer barat daya Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, titik lokasi berada di 7,48 derajat Lintang Selatan dan 105,92 derajat Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer.

Baca juga: Gempa magnitudo 6,7 di Banten berpotensi menimbulkan kerusakan
Baca juga: Gempa magnitudo 5,2 Pandeglang dipicu deformasi lempeng di zona Beniof
Baca juga: Karyawan di Wisma Antara berhamburan keluar gedung saat gempa 6,7

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022