Jenius juga menyediakan rekomendasi alokasi investasi berdasarkan profil risiko pengguna yang dapat dijadikan pertimbangan
Jakarta (ANTARA) - Jenius dari PT Bank BTPN Tbk meluncurkan fitur "Investasi" untuk mempermudah pengguna melakukan investasi reksa dana langsung dari aplikasi Jenius.

Digital Banking Business Product Head Bank BTPN Waasi B. Sumintardja mengatakan setelah melalui proses kokreasi dengan masyarakat digital savvy, Jenius meluncurkan fitur Investasi ini.

"Fitur ini juga semakin melengkapi sederet fitur-fitur di aplikasi Jenius yang membantu digital savvy untuk bertransaksi, mengatur cash flow, dan menabung," kata Waasi dalam keterangan resmi, Jumat.

Berdasarkan studi Jeniu bertajuk "Adaptasi Gaya Hidup Digital Savvy Selama Pandemi 2021” yang melibatkan sebanyak 527 responden masyarakat digital savvy usia 26 -40 tahun pada Maret 2021, Jenius menemukan terdapat lima topik yang paling dicari selama pandemi.

Kelima topik tersebut ialah COVID-19 (dicari oleh 33 persen responden), investasi (28 persen), streaming hiburan (10 persen), bisnis (8 persen) , dan financial planning (7 persen).

Masih dalam studi yang sama, masyarakat digital savvy juga mengalokasikan ulang dana dari rencana yang tertunda akibat pandemi untuk menabung (38 persen dari responden), investasi (24 persen), kebutuhan sehari-hari (14 persen), deposito (9 persen), dan kesehatan (3 persen).

Melihat kebutuhan masyarakat digital savvy atas kemudahan untuk memulai berinvestasi, Jenius menghadirkan fitur "Investasi" yang diharapkan dapat memudahkan pengguna mengakses produk reksa dana dari beragam manajer investasi terpilih.

"Jenius juga menyediakan rekomendasi alokasi investasi berdasarkan profil risiko pengguna yang dapat dijadikan pertimbangan sebelum melakukan pembelian reksa dana sehingga investasi lebih optimal. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa melakukan transaksi dengan lebih mudah karena hanya perlu memindahkan dana dari Saldo Aktif tanpa perlu berpindah aplikasi," imbuh Waasi.

Fitur Investasi di Jenius juga menyediakan referensi komposisi portfolio investasi yang disiapkan sesuai dengan profil risiko masing-masing pengguna, agar investasi mereka bisa tumbuh lebih optimal.

Saat ini Jenius menyediakan 17 produk investasi reksa dana dari tiga manajer investasi, yaitu Ashmore, Mandiri, dan Schroders, serta empat kategori produk, yaitu pasar uang, obligasi jangka pendek, obligasi jangka panjang, dan ekuitas.


Baca juga: MI nilai reksa dana saham bisa jadi pilihan seiring pulihnya ekonomi
Baca juga: Menilik keuntungan investasi reksa dana syariah
Baca juga: Indo Premier Sekuritas yakin investasi reksadana akan makin berkembang


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2022