Kampanye air susu ibu untuk bayi dan pemberian ASI eksklusif untuk bayi ini penting untuk mencegah stunting, menurunkan angka kematian anak, dan baik untuk kesehatan ibu
Banda Aceh (ANTARA) - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mendukung penuh gerakan kampanye Aceh menyusui sebagai upaya menurunkan angka kematian anak dan menjaga kesehatan ibu.

"Kampanye air susu ibu untuk bayi dan pemberian ASI eksklusif untuk bayi ini penting untuk mencegah stunting, menurunkan angka kematian anak, dan baik untuk kesehatan ibu," katanya di Banda Aceh, Sabtu.

Saat menerima kunjungan Komunitas Aceh Menyusui (KAM), di Pendopo Wali Kota Banda Aceh, ia menyatakan kampanye menyusui diharapkan terus digalakkan agar pemahaman warga semakin baik.

“Anak yang sehat adalah anak yang mengonsumsi ASI, saya sendiri dulu merasakannya. Saya berterimakasih atas perhatian KAM Aceh terhadap permasalahan ini," kata Aminullah Usman.

Sementara itu, Ketua KAM dr Niken Asri Utami menuturkan, strategi mereka dalam kampanye tersebut dilakukan dengan cara penyuluhan tatap muka dan konsultasi online, sasarannya ibu-ibu muda, ibu hamil, ibu sedang menyusui, serta warga umum lainnya.

Ia menjelaskan saluran kampanye juga mereka lakukan melalui media sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook, dan Youtube.

Menurut dia kampanye melalui media sosial efektif karena banyak ibu-ibu muda yang aktif bermain media sosial.

“KAM siap bekerjasama dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah yang memiliki visi dan misi yang sama dengan lembaga ini," katanya.

Organisasi KAM, katanya, didirikan pada 2020 yang beranggotakan praktisi kesehatan, akademisi, hingga ibu rumah tangga. Salah satu kegiatan KAM adalah melakukan edukasi dan penyuluhan kepada publik tentang pentingnya ASI.

Setelah dua tahun berjalan, KAM akan meleburkan diri menjadi Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Aceh, demikian Niken Asri Utami.

Baca juga: Wapres: Pemberian ASI pada anak turunkan prevalensi kekerdilan

Baca juga: Ibu hamil di Aceh Jaya dapat Rp500.000 per bulan cegah kekerdilan

Baca juga: Menteri PPPA dorong para ibu berikan ASI ekslusif

Baca juga: Ahli Gizi: Aceh hadapi masalah malnutrisi beban ganda



 

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022