Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Warga Kampung Balongtua, Desa Sukabakti, Kecamatan Tambelang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dihebohkan penemuan sejenis benda mirip granat lengkap dengan pemicu yang masih terpasang.

Benda mirip granat itu pertama kali ditemukan warga di Kali Jute pada Jumat pukul 17.30 WIB. Seketika temuan ini pun membuat heboh warga setempat karena ingin melihat langsung benda tersebut.

"Ada penemuan benda mirip granat sebelum magrib, banyak warga yang datang untuk memastikannya," kata warga setempat Alung (33), Sabtu.

Baca juga: Polisi evakuasi granat temuan warga di Tangerang
Baca juga: Enam granat ditemukan di Taman Raya Bung Hatta Padang
Baca juga: Polisi musnahkan granat nanas di pinggir Sungai Serayu


Menurut pengakuan Alung, tidak ada satu pun warga yang mengetahui secara pasti jenis benda yang berukuran sebesar kemasan air mineral botol kecil tersebut.

"Warga tidak pada tahu dan belum pernah melihat benda itu sebelumnya. Apalagi ini kan di wilayah perkampungan, masa ada benda seperti ini," katanya.

Kanit Reskrim Polsek Tambelang Ipda Hariyono yang mendatangi lokasi membenarkan adanya temuan tersebut. Berdasarkan hasil pengecekan sementara dari lokasi penemuan, benda tersebut diduga kuat sejenis granat gas air mata.

"Ya benda itu granat gas air mata, ditemukan warga di sekitar Kali Jute ini," katanya.

Menurut dia benda tersebut tidak membahayakan. Benda yang disebut-sebut granat gas air mata itu kemudian dibawa ke Mapolsek Tambelang untuk penyelidikan lebih lanjut.

"Saat ini posisinya sudah dibawa ke Polsek. Tidak berbahaya, paling perih di mata. Kemungkinan benda itu sudah lama," katanya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2022