Rangkaian Foto Terbanyak Pecahkan Rekor Muri

Gambar tersebut merupakan kondisi Telaga Warna pada 12 tahun lalu dan sekarang kondisi lingkungan telaga itu memprihatinkan,"
Wonosobo (ANTARA News) - Rangkaian foto ukuran empat kali enam centimeter sebanyak 36.456 lembar membentuk gambar Telaga Warna di Kawasan Dieng, Kabupaten Wonosobo memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI).

Perwakilan MURI, Wida di Wonosobo, Minggu mengatakan, rangkaian foto dalam media enam kali 14 meter tersebut telah mengalahkan rekor sebelumnya berupa rangkaian foto yang berbentuk logo Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta terdiri atas 20 ribuan lembar foto.

Ia mengatakan, rangkaian foto terbanyak dan terbesar tersebut tercatat sebagai rekor ke 5.031 MURI.

Rangkain foto yang terpampang sebagai latar belakang panggung di gedung Adipura Kencana Wonosobo itu merupakan karya fotografer Agus Wira.

Sebelumnya, Wonosobo telah beberapa kali tercatat dalam rekor MURI, antara lain khitanan massal yang diikuti 2.638 peserta, penanaman pohon terbanyak, penerbangan balon terbanyak, dan penerbangan balon terbesar.

Selain memberikan sertifikat kepada Agus Wira selaku pembuat rangkain foto, MURI juga memberikan sertifikat kepada Dinas Pariwisata dan Bupati Wonosobo selaku pemrakarsa kegiatan tersebut.

Agus Wira mengatakan, karya tersebut terinspirasi karena melihat kondisi Telaga Warna yang tidak lagi seperti 12 tahun lalu.

"Gambar tersebut merupakan kondisi Telaga Warna pada 12 tahun lalu dan sekarang kondisi lingkungan telaga itu memprihatinkan," katanya.

Melalui karya tersebut, dia mengajak kepada masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan.

"Kami mengajak masyarakat Wonosobo untuk mencintai lingkungan, terutama di kawasan Dieng sehingga bisa mendukung kepariwisataan di objek wisata tersebut," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya mempunyai keinginan membuat karya tersebut sejak dua tahun, kemudian sekitar setahun mengumpulkan data-data dan dalam empat bulan terakhir efektif bekerja untuk karya tersebut.
(H018/M026)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011

UMSU pecahkan dua rekor terkait gerhana matahari cincin

Komentar