Saya berharap semua atlet yang berlaga di Olimpiade ini bisa tampil luar biasa sekuat harimau
Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping beserta istri Peng Liyuan menggelar jamuan makan untuk menyambut 30 kepala negara dan ketua organisasi internasional di Balai Agung Rakyat di Beijing, Sabtu.

"Atas nama pemerintah dan rakyat China, atas nama istri dan pribadi, saya menyambut dengan hangat tamu-tamu istimewa yang datang ke China untuk menghadiri Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022," katanya.

Ia menyampaikan terima kasih kepada semua negara, rakyat, dan organisasi internasional yang peduli dan mendukung Beijing Winter Olympic 2022.

"Kita perlu saling menjunjung tinggi rasa saling menghormati, kesetaraan, dialog dan konsultasi, berusaha menjembatani perbedaan dan menghilangkan konflik, dan bekerja sama untuk perdamaian dunia yang berkesinambungan," ujar pemimpin tertinggi Partai Komunis China itu.

Baca juga: Suasana upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Dengan mengutip pepatah kuno China, dalam acara tersebut Xi mengatakan, "Tinggalkanlah tahun yang lama dengan suara petasan, sambutlah tahun yang baru dengan kehangatan anggur dan angin musim semi."

Ungkapan itu sekaligus menandai dimulainya ritual bersulang antara tuan rumah dan tamu undangan yang memadati gedung besar di seberang Lapangan Tiananmen tersebut.

Winter Olympic yang digelar di Beijing dan Zhangjiakou, Provinsi Hebei, pada 4-20 Februari bersamaan dengan musim libur Tahun Baru Imlek yang juga dikenal sebagai liburan Musim Semi.

Tahun 2022 dalam tradisi China dikenal sebagai tahun harimau.

Baca juga: Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 resmi dibuka

"Harimau melambangkan kekuatan, keberanian, dan tak punya rasa takut. Saya berharap semua atlet yang berlaga di Olimpiade ini bisa tampil luar biasa sekuat harimau," ucap Xi.

Di antara 20 kepala negara dan kepala pemerintahan yang menghadiri acara pembukaan Winter Olympic 2022 di Stadion Nasional Beijing, Jumat (4/2) adalah Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Mesir Abdel Fattah El Sisi, Perdana Menteri Pakistan Imran Khan, Presiden Serbia Aleksandar Vucic, Presiden Kazakhstan Kassym Jomart Tokayev, Presiden Kyrgyzstan Sadyr Zhaparov, Perdana Menteri Mongolia Luvsannamsrai Oyun Erdene, pangeran Thailand Chakri Sirindhorn, dan pangeran Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

Winter Olympic dibuka secara resmi oleh Presiden Xi bersama Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach.

Beijing tercatat dalam sejarah sebagai satu-satunya kota di dunia yang berhasil menggelar dua Olimpiade berbeda, yakni Olimpiade Musim Panas 2008 dan Olimpiade Musim Dingin 2022.

Olimpiade Musim Dingin di Beijing diikuti 84 negara dan wilayah, sebanyak empat negara di antaranya dari Asia Tenggara. 

Baca juga: Empat negara ASEAN turut bersaing di Olimpiade Beijing 2022
Baca juga: Presiden Xi Jinping nyatakan Olimpiade Musim Dingin Beijing dibuka

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022