Jakarta (ANTARA) - Penyanyi dan penulis lagu Olivia Rodrigo hanya membutuhkan satu album untuk memberinya gelar Woman of the Year 2022 oleh Billboard, menempatkannya di raihan yang sama dengan Taylor Swift dan Lady Gaga.

Dikutip dari Associated Press, Minggu, mantan aktor remaja yang menjadi bintang pop itu akan diberi penghargaan sebagai Woman of the Year 2022 di Billboard Women in Music Awards pada 2 Maret.

Ada pun musisi wanita lainnya yang pernah mendapatkan penghargaan ini termasuk Cardi B, Billie Eilish, dan Ariana Grande.

Baca juga: Olivia Rodrigo masuk nominasi terbanyak di AMA 2021

Rodrigo menjadi bintang anyar terbesar tahun 2021 dengan album debutnya, memecahkan rekor grafik dan mengumpulkan penghargaan dan nominasi.

Eksplorasi Rodrigo tentang sakit hati, kecemburuan, dan insecurity pada "SOUR" memecahkan rekor streaming dan menyebabkan semua 11 lagu mendarat di 30 teratas tangga lagu Billboard Hot 100, menjadikannya artis wanita pertama yang mencapai prestasi tersebut.

"Lintasan Olivia menuju superstardom adalah milik legenda musik pop," kata Direktur Editorial Billboard Hannah Karp dalam sebuah pernyataan.

"Bakatnya sebagai pendongeng dan penulis lagu telah menjadikan Olivia salah satu artis baru yang paling otentik dan menarik untuk meledak ke panggung selama bertahun-tahun," ujarnya menambahkan.

Penerima penghargaan lainnya di Billboard Women in Music Awards termasuk Gabby Barrett, Phoebe Bridgers, Doja Cat, Karol G, Bonnie Raitt, Saweetie, dan Summer Walker.

Acara penghargaan akan diadakan di YouTube Theatre di Hollywood Park di Los Angeles, yang dipandu oleh Ciara. Penggemar akan dapat membeli tiket tahun ini untuk pertama kalinya di billboardwomeninmusic.com.

Baca juga: Olivia Rodrigo rayakan setahun lagu "Driver License"

Baca juga: Olivia Rodrigo umumkan tanggal konsernya yang bertajuk "Sour Tour"

Baca juga: Setelah Billie Eilish, Olivia Rodrigo cetak rekor di Grammy

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022