Pariaman (ANTARA News) - Pengurus Daerah Persatuan Olahraga Buru Babi (Porbi) Kota Pariaman, Sumatera Barat menggelar kegiatan berburu babi bersama yang dipusatkan di Desa Sikapak Timur, Kota Pariaman, Minggu, guna menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Ajang berburu babi tersebut diikuti sekitar seribuan peburu dari berbagai daerah di Sumbar dengan sasaran lokasi berburu melintasi daerah Mudiak Darek dan berputar menuju Padang Sarai di kawasan Labuang Desa Sikapak Timur yang berada di perbatasan antara Kota Pariaman dengan Kabupaten Padangpariaman.

Pengurus Porbi sersama para "niniak mamak" (pemangku adat, red), kalangan pemuda dan cerdik pandai serta para tokoh yang dituakan dan pemuka adat lainnya mengawali kegiatan dengan "basitinah kato" (persembahan adat, red) di "laga-laga" (balairung pemuda) Labuang Jaya Desa Sikapak Timur, Kecamatan Pariaman Utara.

Ketua Pengurus Daerah Porbi Kota Pariaman, Aspar, mengatakan, kegiatan berburu babi tersebut digelar untuk mempererat silaturahim karena sebenar lagi akan memasuki bulan suci Ramadhan.

Melalui kegiatan berburu babi tersebut, kata dia, Porbi juga akan dapat memberikan dampak positif mencegah berkembangnya hama perusak tanaman di kebun-kebun rakyat, seperti gangguan dari babi, landak dan binatang lain yang dapat merugikan masyarakat.

Lebih lanjut ia mengatakan, Porbi Kota Pariaman sudah menjadikan kegiatan berburu babi sebagai agenda rutin, setidaknya 3-4 kali dalam setahun.

"Alhamdulillah setiap pelaksanaannya mendapat sambutan luar biasa dari para pencandu berburu babi dari berbagai daerah di Sumbar dan bahkan dari provinsi tetangga," ujarnya.

Berburu babi juga termasuk mendukung program visi dan misi Kota Pariaman dalam mewujudkan Pariaman sebagai daerah kunjungan wisata, katanya menambahkan.

Usai berburu di lapangan, kegiatan ditutup dengan acara berdoa bersama, dan pada malam hari digelar acara hiburan untuk masyarakat dengan menampilkan "saluang dangdut".  (ANT208/R014/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011