Kegiatan sosialisasi ini kita pusatkan di dua lokasi, yakni kabupaten Nagan Raya dan Aceh Barat Daya
Banda Aceh (ANTARA) - Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh menyosialisasikan penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun akademik 2022/2023 bagi siswa-siswi sekolah menengah atas (SMA) di wilayah barat dan selatan Provinsi Aceh.

Dalam taklimat media yang diterima di Banda Aceh, Ahad, Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Warul Walidin di Suka Makmuë, Ibu Kota Kabupaten Nagan Raya mengatakan pada tahun akademik 2022/2023 pihaknya akan menerima sebanyak 5.140 calon mahasiswa baru.

“Kegiatan sosialisasi ini kita pusatkan di dua lokasi, yakni kabupaten Nagan Raya dan Aceh Barat Daya,” katanya di Aula Pendapo Bupati Nagan Raya.

Ia menjelaskan UIN Ar-Raniry memiliki sejumlah fakultas dan program studi, di mana beberapa di antaranya secara berturut-turut menjadi prodi favorit di tingkat nasional, seperti Prodi Hukum Ekonomi Syariah dan Ekonomi dan Perbankan Syariah.

Ia mengatakan biaya kuliah atau UKT (Uang Kuliah Tunggal) di UIN Ar-Raniry tergolong sangat murah di seluruh Indonesia dari jumlah ambang batas yang telah ditetapkan oleh pemerintah, yakni paling rendah Rp400 ribu per semesternya.

Warul menyatakan, tidak ada perbedaan besaran UKT di setiap jalur di UIN Ar-Raniry baik jalur nasional maupun jalur PMB Lokal.

Sementara untuk besaran UKT tergantung pada prodi dan kemampuan orang tua, di mana informasi lebih lanjut dapat ditanyakan pada panitia.

Selain itu, Rektor juga berpesan bahwa untuk membangun pendidikan, khususnya di Aceh, harus dilihat dari berbagai sisi di antaranya soal guru, kebijakan, sarana dan prasarana, siswa dan komitmen bersama.

"Kita harus optimistis, pendidikan bukan hanya untuk hidup. Namun, pendidikan adalah kehidupan itu sendiri," kata Rektor.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Warul Walidin juga mengajak dan memotivasi para siswa kelas XII di kabupaten Nagan Raya untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, khususnya UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Turut hadir anggota DPRA Komisi VI, Teuku Raja Keumangan dan dalam kesempatan tersebut juga memberikan motivasi kepada siswa SLTA se Nagan Raya.

Ia juga mengajak semua pihak untuk mendukung dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Aceh.

Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry, Mirwan Fasta mengatakan sosialisasi masuk perguruan tinggi dalam rangka memotivasi para siswa untuk melanjutkan pendidikan ke tahap lebih lanjut.

Baca juga: UIN Ar-Raniry sosialisasi PMB tahun 2022 di Aceh Timur

Baca juga: Wapres terima gelar Bapak Pelopor Ekonomi Syariah dari UIN Ar-Raniry

Baca juga: UIN Ar-Raniry luluskan 1.882 wisudawan tahun 2021

Baca juga: UIN Ar-Raniry Aceh gelar konferensi internasional tentang Islam


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022