Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana memindahkan sebanyak 6 kapal dan 2 lintasan dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi ke Pelabuhan Jangkar, Situbondo.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, rencana tersebut dilakukan dalam meningkatkan layanan angkutan penyeberangan yang kian diminati masyarakat khususnya menuju Lembar dan Kupang.

“Berdasarkan hasil rapat antara Menteri Perhubungan dengan Gubernur Jawa Timur, Bupati Situbondo, serta Forkopimda Provinsi Jawa Timur akan dilakukan pemanfaatan Pelabuhan Jangkar sebagai salah satu simpul transportasi untuk melayani masyarakat yang ingin menuju Lembar dan Kupang,” kata Budi Setiyadi dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Dirjen Budi mengatakan dengan adanya pemindahan tersebut akan menimbulkan dampak positif dan negatif, namun pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan dari berbagai aspek termasuk aspek keamanan saat penumpang menunggu serta aspek kenyamanan.

“Pada dasarnya kami mendukung Pemerintah Daerah untuk memindahkan lintasan tersebut melihat sisi positifnya juga yaitu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Situbondo dan sekitarnya, menghemat waktu perjalanan selama 2 jam, termasuk biaya yang harus dikeluarkan saat perjalanan,” ujarnya.

Ia juga telah mengimbau kepada Pemerintah Daerah untuk memperhatikan akses jalan keluar dari Pelabuhan Jangkar.

“Secara teknis maupun kondisi eksisting, Pelabuhan Jangkar ini sudah cukup bagus, pemerintah daerah juga akan menambah Buffer Zone,” jelas Dirjen Budi.

Dengan adanya rencana tersebut, bagi masyarakat yang berada di sekitar Probolinggo, Malang, Pasuruan, Lumajang, dan Jember nantinya juga dapat menggunakan layanan tersebut untuk menyemarakkan acara MotoGP pada bulan Maret mendatang.

Diketahui Pelabuhan Jangkar saat ini melayani operasional keperintisan meliputi 4 lintasan dengan 3 unit kapal di antaranya KMP. Munggiyango Hulalo rute Jangkar-Kangean dan rute Jangkar-Kalianget, KMP. Satya Kencana rute P.Sapudi-Jangkar, dan KMP. Dharma Kartika rute Raas-Jangkar.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi menyatakan siap untuk melayani trayek baru yakni Jangkar-Lembar dan Jangkar-Kupang.

"Nantinya para sopir tidak perlu bersusah-payah melalui tanjakan yang cukup tinggi sebab melalui Pelabuhan Jangkar ini perjalanan menuju Lembar maupun Kupang menjadi lebih cepat, aman, dan selamat,” kata Suswandi.

Turut mendampingi Dirjen Budi, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo Tulus Prijatmadji, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XI Provinsi Jawa Timur Tonny Agus Setiono, Kepala Subdit Prasarana TSDP Beta Margunadi, perwakilan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Republik Indonesia (KPLP), dan Jasa Raharja.
Baca juga: Kemenhub luncurkan kapal perintis KM Sabuk Nusantara 111
Baca juga: Kemenhub: Kapal perintis tetap beroperasi sesuai prosedur masa pandemi

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2022