Jakarta (ANTARA) - Juergen Klopp mengibaratkan penampilan kembalinya Harvey Elliott untuk Liverpool dalam pertandingan putaran keempat Piala FA melawan Cardiff City bak sebuah dongeng.

Talenta berusia 18 tahun itu turun dari bangku cadangan kembali merumput pertama kalinya sejak cedera pergelangan kaki yang mengerikan September lalu.

Elliott menandai penampilan kembalinya dengan sebuah gol tendangan voli menawan untuk membantu Liverpool menang 3-1 atas Cardiff di Anfield, Minggu.

Baca juga: Luis Diaz kemas assist dalam debut saat Liverpool lewati Cardiff

"Dengan gol itu, sungguh semuanya seperti dongeng," kata Klopp selepas laga dikutip dari situs resmi Liverpool.

"Sepanjang proses pemulihan dia begitu sabar dan tim medis kami jelas melakukan pekerjaan luar biasa bersamanya, tetapi dia sendiri begitu sabar untuk menjalani setiap proses yang diperlukan."

"Hanya untuk kembali bermain sudah langkah besar, tetapi dengan mencetak gol indah itu membuat semuanya seperti dongeng nyata, jelas saya turut bahagia untuknya," ujarnya menambahkan.

Klopp juga memuji aspek mental pemain jebolan akademi Queens Park Rangers dan Fulham itu.

Juru taktik asal Jerman itu bahkan mengakui bahwa Elliott bisa menyikapi situasi cederanya jauh lebih tenang ketimbang dirinya sendiri.

Baca juga: Jurgen Klopp bangga dengan pencapaian Mane dan Salah di Piala Afrika

"Ketika dia cedera, satu atau dua hari berikutnya, saya melihat dia di markas latihan dan perasaan saya jauh lebih buruk ketimbang dia," katanya.

"Kemudian dia bilang, 'Ayolah bos. Tenang, aku akan kembali,' dan semacamnya. Dia talenta yang luar biasa dalam berbagai aspek," ujar Klopp melengkapi.

Pertandingan kontra Cardiff juga menandai penampilan debut bagi rekrutan anyar Liverpool, Luis Diaz, yang masuk bersamaan Elliott pada menit ke-58.

Diaz juga menghiasi debutnya dengan sebuah assist yang dihasilkan dari kecermatan dan ketenangan merebut penguasaan bola di kotak penalti lawan sebelum mengirim umpan tarik yang dikonversi jadi gol oleh Takumi Minamino.

Baca juga: Tottenham melaju ke 16 besar Piala FA, Conte puji komitmen pemainnya

Penampilan debut Diaz sempat diliputi kekhawatiran karena bintang tim nasional Kolombia itu sempat terkapar meringis kesakitan setelah lututnya terinjak pemain lawan seusai duel bola udara.

"Dia mencatatkan assist pertama dan sedikit luka pertama, mungkin besok dia akan merasakan lebih sakit dan kami akan beraksi lagi, tapi itu bukan sesuatu yang serius," ujar Klopp.

Klopp juga memuji penampilan Minamino, yang secara sukarela pulang lebih cepat dari tugas membela tim nasional Jepang demi kesempatan tampil melawan Cardiff.

Pengorbanan Minamino berbuah manis sebab ia turut mencetak satu gol kemenangan Liverpool yang selanjutnya akan menghadapi Norwich City dalam putaran kelima.

Baca juga: Lewati Fulham, Pep Guardiola puas dengan performa Manchester City

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2022