Surabaya (ANTARA News) - Komandan Satgas Yonmek Kontingen Garuda XXIII-E/UNIFIL atau Indonesian Battalion (INDOBATT) Letkol Inf Handy Antariksa menghadiri upacara serah terima tugas dan wewenang ("Transfer Of Authority"/TOA) dari Malcon East VI (Malaysia Contingent) kepada Malcon Coy VII di Markas Kontingen Malaysia UN POSN 7-4, Koukaba, Lebanon Selatan (25/7).

Perwira Penerangan (Papen) INDOBATT Mayor Pasukan Banu Kusworo kepada ANTARA melalui surat elektronik dari Lebanon, Selasa, melaporkan inspektur upacara (irup) dalam serah terima jabatan (sertijab) Komandan Malaysia pada 25 Juli 2011 itu adalah Komandan Sektor Timur UNIFIL Brigjen Miguel Alcanis Comaz.

"Upacara yang berlangsung selama 30 menit itu dimulai dengan masuknya pasukan upacara, kemudian dilanjutkan dengan masuknya irup menuju mimbar upacara, penghormatan pasukan, pemeriksaan pasukan oleh irup, dan akhirnya pengibaran Bendera PBB, Bendera Lebanon, Bendera Malaysia, dan Bendera Brunei Darussalam," katanya.

Setelah pengibaran keempat bendera tersebut, katanya, dilanjutkan dengan acara pokok berupa penyerahan Bendera Malaysia dari pejabat Komandan Kontingen Malaysia lama, Letkol Mohammad Samin, kepada Duta Besar Malaysia untuk Lebanon.

Selanjutnya, bendera diserahkan kepada Komandan Kontingen Malaysia yang baru yaitu Letkol Hashim Bin Mat, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Bendera PBB dari Letkol Mohammad Samin kepada irup yang akhirnya menyerahkan kepada Letkol Hashim Bin Mat.

Dalam amanatnya, Komandan Sektor Timur UNIFIL menyampaikan rasa terima kasih kepada Letkol Mohammad Samin dan segenap prajurit Malcon East VI atas kinerja serta pengabdiannya selama sembilan bulan dalam mengemban misi perdamaian PBB di wilayah Lebanon dengan baik dan penuh dedikasi tinggi.

Irup juga menyampaikan ucapan selamat bergabung kepada Komandan yang baru, Letkol Hashim Bin Mat, beserta seluruh prajurit Malcon Coy VII dan diharapkan mampu meneruskan kinerja positif dari kontingen yang terdahulu.

Acara itu dihadiri Duta Besar Malaysia untuk Lebanon, Wakil Komandan Sektor Timur UNIFIL, Kolonel Laut (E) Joko Edi Supriyanto, para pejabat tinggi militer Malaysia, para Komandan Batalyon jajaran Sektor Timur, serta tokoh masyarakat setempat.

Sebelumnya (21/7), Komandan Satgas Yonif Mekanis Konga XXIII-E/UNIFIL Letkol Inf Hendy Antariksa menghadiri "Medal Parade" Kontingen Indonesia di lapangan Sudirman, Camp Green Hill, Naqoura Lebanon Selatan.

Dalam acara itu, sebanyak 282 personel dari beberapa kesatuan tugas yang sedang bertugas di bawah komando UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon) mengikuti upacara penerimaan medali penghargaan PBB itu.

Ratusan personel itu antara lain Satgas Indo FPC sebanyak 150 personel, Satgas Indo FHQSU sebanyak 49 personel, Satgas Sector East Military Police Unit sebanyak 75 personel, Satgas Indo Medic sebanyak tujuh personel dan satu personel dari MTF (Maritime Task Force) Staff HQ.

Pelaksanaan Medal Parade Kontingen Indonesia terbagi dalam dua waktu sesuai kebijakan Kolonel Pnb Yulianta selaku Komandan Kontingen Indonesia, yaitu 21 Juli untuk Force Commander Aset yang bermarkas di Naqoura yang ditambah dengan SEMPU, sedangkan pelaksanaan Medal Parade INDOBATT berikutnya pada 5 Oktober mendatang yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun TNI.

Bertindak selaku inspektur upacara (irup) dalam upacara penerimaan medali PBB itu adalah UNIFIL Force Commander, Mayjen Alberto Asarta Cuevaz, sedangkan sebagai komandan upacara yaitu Wakil Komandan Indo FPC, Mayor Mar Edi Prayitno. Acara diiringi dengan lantunan UNIFIL Anthem, Lagu Kebangsaan Lebanon, dan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011