Kudus (ANTARA) - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah membantu percepatan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau penguat di Kabupaten Kudus dengan membuka sentra vaksinasi di desa-desa untuk lebih mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat.

"Selain Kabupaten Kudus, kami juga melaksanakan vaksinasi dosis ketiga di lima kabupaten lainnya, seperti Kota Magelang, Kabupaten Temanggung, Sukoharjo, Demak, dan Grobogan," kata Kepala Binda Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto melalui rilis yang diterima di Kudus, Senin.

Ia berharap dengan adanya vaksin penguat tersebut, imunitas masyarakat semakin meningkat, sehingga tidak mudah terpapar virus corona, terutama omicron sebagai varian baru COVID-19.

Baca juga: Binda Jateng bantu tingkatkan cakupan vaksinasi COVID-19 di Kudus

Binda Jateng juga mendirikan sembilan sentra vaksinasi dengan sasaran anak usia 6–11 tahun, meliputi Kota Magelang, Kabupaten Kebumen, Temanggung, Sukoharjo, Tegal, Pekalongan, Kudus, Demak, dan Grobogan.

Khusus di Kabupaten Kudus, ditempatkan di Madrasah Ibtidaiah Sabilul Khoirot Desa Tenggeles, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. Sasaran vaksinasi anak usia 6-11 tahun, baik dosis satu maupun dua, serta masyarakat dan lansia untuk mengikuti vaksinasi dosis satu atau dua maupun ketiga atau vaksin penguat bagi pelayan publik.

Untuk vaksin penguat yang berlangsung di enam kabupaten/kota tersebut ditargetkan bisa menyasar 2.200 orang. Sedangkan vaksinasi dosis satu maupun dua untuk masyarakat umum ditargetkan 10.000 dosis.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Nasiban mengapresiasi Binda Jateng yang membantu percepatan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Kudus dengan terjun langsung hingga ke desa-desa untuk mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat yang belum vaksinasi maupun yang hendak vaksin dosis ketiga.

Kehadiran Binda Jateng maupun instansi lain dalam membantu percepatan vaksinasi membantu pemerintah menyisir warga yang belum vaksin maupun yang hendak melakukan vaksinasi untuk dosis berikutnya.

Baca juga: Binda Jateng berkomitmen dukung percepatan vaksinasi COVID-19

Baca juga: BIN Jateng telah salurkan 300.000 dosis vaksin COVID-19


Binda Jateng tercatat sudah beberapa kali melaksanakan vaksinasi di Kabupaten Kudus, baik secara keliling ke rumah-rumah warga maupun tersentral.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus mencatat total suntikan vaksin hingga saat ini mencapai 1,1 juta suntikan. Sedangkan capaian untuk dosis pertama menyasar 599.008 orang atau 90,52 persen dari target sebanyak 661.727 orang, sedangkan dosis kedua menyasar 471.309 orang atau 71,22 persen.

Sementara untuk dosis ketiga hingga kini sudah menyasar 24.226 orang atau 3,66 persen. Sedangkan vaksinasi anak mencapai 70.212 anak atau 88,80 persen dari target sebanyak 79.072 anak.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022