Semoga organisasi ini mulai bisa melakukan langkah-langkah progresif, langkah-cepat, terukur serta pemberdayaan masyarakat
Bangli, Bali (ANTARA) - Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengukuhkan Badan Pengelola Batur UNESCO Global Geopark (BUGGp) bertempat di Pura Ulun Danu Batur Kintamani untuk memajukan pariwisata di kawasan Kintamani dan Gunung Batur.

"Melalui pengukuhan Badan Pengelola Batur UNESCO Global Geopark ini, Pemkab Bangli ingin untuk ke depannya mampu menjadikan Kabupaten Bangli, Bali, maju dan berkembang di sektor pariwisata khususnya Kintamani, karena memiliki sumber daya alam yang sangat luar biasa," kata Bupati Bangli dalam siaran pers Diskominfo Bangli di Bangli, Bali, Senin.

Sumber daya alam itu meliputi sebagai hulunya air, sebagai sumber yang belum tentu dimiliki oleh daerah-daerah lainnya di Pulau Bali.

"Maka dari itu, sudah saatnya kita bersama-sama bangkitkan semangat bergotong royong dalam penyusunan program yang tentunya harus diikuti dengan aksi konkrit dan nyata dalam memajukan pariwisata di Kabupaten Bangli khususnya Kintamani, sehingga ke depannya dapat menyejahterakan kehidupan masyarakat secara keseluruhan," tambah Bupati.

Sebelum pelantikan, Sedana Arta mengajak untuk melakukan persembahyangan bersama di Pura Ulun Danu Batur Kintamani, Minggu (8/2/2022) malam, yang dihadiri oleh Pelinggih Dane Jero Gede Batur Duuran, Pelinggih Dane Jero Gede Batur Alitan, Sekda Bangli Ida Bagus Gde Giri Putra, perwakilan Forkompinda Kabupaten Bangli, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangli, Camat Kintamani, Pengelola Batur UNESCO Global Geopark, serta undangan lainnya.

Sedana juga menambahkan konsep geopark, yang sesungguhnya adalah harus berkomitmen bersama dalam rangka memuliakan bumi untuk kesejahteraan bersama, yang bisa diwariskan kepada anak dan cucu nantinya.

"Semoga organisasi ini mulai bisa melakukan langkah-langkah progresif, langkah-cepat, terukur serta pemberdayaan masyarakat demi kemajuan bersama dalam mewujudkan pola Pembangunan Semesta Berencana Nangun Sat Kerthi Loka Bali di Kabupaten Bangli menuju Bangli Era Baru," katanya.

Baca juga: Bupati Bangli tanam ratusan bibit pisang cavendish
Baca juga: Bupati Bangli tinjau vaksinasi COVID-19 siswa 6 -12 tahun
Baca juga: Penglipuran Village Festival kembali digelar

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022