Jakarta, 27/7 (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Boediono menegaskan kunci terpenting pertahanan suatu negara adalah membangun saling percaya yang sangat tinggi dengan negara tetangga.

"Kita harus berteman dan percaya dengan negara tetangga. Kita tidak bisa memilih tetangga dengan negara lain tapi kita saat ini bertetangga dengan Singapura dan Filipina," kata Juru Bicara Wapres, Yopie Hidayat, kepada pers di Jakarta, Rabu.

Hal tersebut disampaikan usai dirinya mendampingi kunjungan resmi Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Hen, yang didampingi Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro, bertemu dengan Wapres Boediono di Istana Wapres.

Kunjungan Menhan Singapura tersebut merupakan kunjungan perkenalan kepada Wapres Boediono mengingat dirinya baru diangkat menduduki posisi tersebut.

Dikatakan Yopie, Wapres dan Menhan Ng melakukan diskusi dan tukar pikiran dan menegaskan bahwa sebagai negara tetangga penting membangun rasa saling percaya yang tinggi.

Hubungan pertahanan kedua negara, menurut dia, selama ini sudah berjalan baik dan meningkat antara lain dengan saling mengirimkan ratusan siswa ke masing-masing negara.

"Indonesia setiap tahun mengirim sekitar 600 perwira ke Singapura untuk mengikuti pendidikan dan latihan, demikian juga perwira Singapura ada yang dikirim ke Indonesia," kata Yopie.

Dalam pertemuan tersebut keduanya sama sekali tidak menyinggung soal kemungkinan pembelian alat utama sistem pertahanan (alutista), ekstradisi, perbatasan kedua negara serta pemberantasan perdagangan manusia.

"Wapres dan menhan tadi hanya membicarakan hal-hal yang terkait pentingnya kerja sama dan tukar pikiran pertahanan,"demikian Yopie.
(T. A025/S019)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011