Jakarta (ANTARA) - China General Nuclear Power Corporation (CGN)  pada Senin (7/2) menyatakan, reaktor nuklir generasi ketiga yang dirancang di dalam negeri, Hualong One China telah dikonfirmasi memadai untuk digunakan di Inggris.

Reaktor tersebut telah memenuhi standar Penilaian Desain Generik (Generic Design Assessment/GDA), menurut pernyataan bersama yang dikeluarkan pada Senin oleh Kantor Regulasi Nuklir (Office for Nuclear Regulation/ONR) Inggris dan Departemen Lingkungan (Environment Agency/EA).

Sebelum dioperasikan, teknologi baru itu harus lulus penilaian yang dipimpin oleh ONR dan EA untuk menentukan keamanan dan dampak lingkungannya.

ONR telah mengeluarkan Konfirmasi Penerimaan Desain (Design Acceptance Confirmation/DAC) dan EA juga telah menerbitkan Pernyataan Penerimaan Desain (Statement of Design Acceptability/SoDA) untuk Hualong One.

CGN dan raksasa listrik milik pemerintah Prancis EDF menandatangani kesepakatan dengan pemerintah Inggris pada September 2016 untuk membangun tiga proyek di Inggris. Proyek yang berbasis di Bradwell, Essex, tersebut diperkirakan akan menggunakan teknologi Hualong One. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022