Jakarta (ANTARA) -
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengatakan spirit perjuangan para purnawirawan tidak akan pernah lekang oleh waktu dan tidak akan pupus oleh gerak perubahan zaman.
 
"Old soldiers never die, they just fade away," kata Kasad saat memberikan sambutan pada acara Pengukuhan Pengurus Pusat Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD) Masa Bakti 2021-2026 yang digelar di Mabesad, Jakarta, Selasa.
 
Menurut dia, acara Pengukuhan Pengurus Pusat PPAD ini merupakan salah satu upaya PPAD untuk melakukan penyegaran dan meningkatkan kinerja organisasi sehingga diharapkan PPAD semakin maju serta terus memberikan darma bakti terbaik kepada bangsa dan negara.

Baca juga: Menhan Prabowo: Pemerintah dukung pengembangan alutsista TNI AD
 
"Saya sangat yakin dan percaya bahwa meskipun sudah tidak berdinas secara resmi di TNI Angkatan Darat, semangat pengabdian para senior dan seluruh anggota PPAD tidak pernah luntur," kata Dudung dalam siaran persnya.
 
Sebagai sebuah organisasi kemasyarakatan yang mewadahi para purnawirawan TNI AD, lanjut mantan Pangkostrad ini, PPAD telah menunjukkan kepedulian dan kepekaan terhadap permasalahan bangsa.
 
Selain itu, PPAD memiliki peran yang strategis, yakni sebagai sumber informasi bagi TNI AD untuk mengetahui sejauh mana perkembangan situasi nasional di luar institusi TNI.

Baca juga: Kasad: Pecat komandan satuan yang abaikan kesejahteraan prajurit
Baca juga: Jenderal TNI Dudung Abdurahchman tidak pusing laporan KUHAP APA
 
Mantan Gubernur Akademi Militer (Akmil) ini berharap PPAD bersama-sama TNI AD terus meningkatkan kewaspadaan terhadap perkembangan situasi yang terjadi di Indonesia. Khususnya, kemungkinan ancaman radikalisme yang terus berupaya memecah belah persatuan dan kesatuan NKRI.

Terlebih, katanya. perkembangan kelompok-kelompok radikal yang bertentangan dengan ideologi Pancasila terus berkembang dengan sangat pesat di tengah masyarakat.
 
"Oleh karena itu, harus kita sikapi dengan memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan serta selalu kobarkan semangat nasionalisme yang berdasarkan Pancasila," tegas Dudung.
 
Untuk diketahui bahwa PPAD saat ini dinakhodai Letjen TNI Purn. Doni Monardo untuk periode 2021-2026 yang terpilih melalui Munas IV PPAD yang digelar di Kantor Pusat PPAD, 14-15 Desember 2021, menggantikan Letjen TNI Purn. Kiki Syahnakri.

 
 
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022