Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mendirikan tenda darurat untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat setelah lantai 4 di Klinik Layanan Gratis Rumah Sehat Baznas di Jalan Kampung Melayu Besar, Jakarta Selatan, terbakar pada Senin (7/2) malam.

Kepala Rumah Sehat Baznas, Reza Ramdhoni di Jakarta, Selasa, mengharapkan melalui tenda darurat itu, pelayanan kesehatan gratis dapat normal kembali pada Rabu (9/2).

"Karena kita ini untuk layanan kesehatan gratis buat kaum miskin di Jakarta, jadi per hari ini kita tertunda sementara untuk layanannya," kata Reza.

Reza mengatakan, layanan kesehatan itu juga dimungkinkan dialihkan ke kantor pusat Baznas di Matraman, Jakarta Timur.

"Di sini dan di Matraman sudah terpasang (tenda darurat). Kita tidak mau putus pelayanan ke fakir miskinnya," ujar dia.

Baca juga: Baznas Bazis Jaksel distribusikan bantuan tunai bagi korban kebakaran

Rumah Sehat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) yang terletak di Jalan Kampung Melayu Besar, Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan (Jaksel), terbakar pada Senin (7/2/) malam.

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan menerima laporan kebakaran di lokasi tersebut sekitar pukul 23.45 WIB.

Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan Helbert P Lumban Gaol menyebutkan, sebanyak 18 mobil pemadam kebakaran dengan 70 personel dikerahkan untuk memadamkan api.

Peristiwa bermula saat petugas Rumah Sehat Bznas bernama Ahmad Sunandar (32) mencium bau kebakaran kabel di lantai 4.

Baca juga: Tiga orang tewas akibat kebakaran rumah tinggal di Kebon Baru Tebet

Petugas yang sedang memeriksa ruangan tersebut kemudian mengecek seluruh area, tetapi api di lantai 4 sudah membesar. Lalu petugas berusaha menyelamatkan empat rekannya di lantai 5 yang sedang istirahat.

"Karena untuk memadamkan api sudah membesar, lalu Saudara Ahmad meminta tolong kepada warga untuk memanggil Damkar," ujar Helbert.

Pemadaman di lokasi dinyatakan selesai pada pukul 02.15 WIB. Penyebab kebakaran diduga disebabkan arus pendek (korsleting) listrik.

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022