Jakarta (ANTARA) - Tokopedia membagikan lima tips agar belanja daring agar semakin hemat, mulai dari mulai dari memanfaatkan fitur hingga mencatat waktu pemberian potongan harga atau diskon.

"Sebetulnya banyak sekali yang bisa dimanfaatkan masyarakat agar belanja kebutuhan rumah tangganya maupun dalam membeli produk menjadi lebih hemat," ujar Kepala Senior Komunikasi Eksternal Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya dalam acara daring, Selasa.

Tips pertama yakni memanfaatkan deretan program bebas ongkos kirim (ongkir) dan kampanye yang dihadirkan Tokopedia.

Ekhel mengatakan Tokopedia memiliki sejumlah kampanye yang bisa dimanfaatkan masyarakat seperti Bangga Buatan Indonesia, Sportacular, Artspot Market, dan Waktu Indonesia Belanja.

Tips kedua dengan menggunakan fitur-fitur yang terdapat di Tokopedia, seperti fitur urutkan atau filter. Fitur urutkan bisa memudahkan konsumen mencari produk dengan harga termurah hingga termahal.

Sementara fitur filter bisa digunakan untuk mencari penjual yang lokasinya terdekat dari tempat tinggal konsumen, sehingga biaya ongkos kirim bisa semakin ditekan.

"Masyarakat juga bisa memanfaatkan berbagai promo yang sedang berlangsung," ucap Ekhel.

Tips selanjutnya dengan mendaftar program loyalitas TokoMember. Ekhel mengatakan Melalui program itu, pembeli bisa memperoleh nilai tambah khusus dari penjual, seperti tambahan diskon yang membuat kegiatan belanja semakin menyenangkan.

Tips terakhir yakni dengan mencatat waktu kerja diskon yang berlangsung beberapa kali dalam sehari.

"Itu lima tips yang bisa dimanfaatkan untuk membeli produk-produk dengan lebih tepat, lebih irit, lebih baik, mengingat belanja online masih menjadi alternatif dalam mengurangi risiko penyebaran virus," kata Ekhel.


Baca juga: Tren jual-beli secara daring selama 2021, UMKM semakin jadi pilihan

Baca juga: Belanja "hampers" Natal secara daring masih jadi tren di 2021

Baca juga: Literasi digital penting bagi perlindungan konsumen belanja daring

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022