akan dibuat sangat bagus
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, Dony Oskaria, mengatakan pemugaran bangunan-bangunan di Taman Mini Indonesia Indah seperti museum dan anjungan dilakukan untuk mengembalikan daya tariknya.

"Perbaikan Keong Mas, perbaikan daripada museum-museum dan tentu saja anjungan-anjungan dikembalikan lagi supaya jadi daya tarik luar biasa," kata Dony dalam webinar, Rabu.

Dony menjelaskan, proses perbaikan Taman Mini Indonesia Indah sedang berlangsung. Pada tahap awal, perbaikan dilakukan di area danau Archipelago yang memperlihatkan kepulauan Indonesia saat dilihat dari udara. Keindahan danau tersebut bisa dilihat secara jelas ketika menaiki kereta gantung, salah satu atraksi di TMII.

"Yang kita lihat kepulauan (Indonesia), itu akan dibuat sangat bagus," lanjut dia.

Perbaikan juga dilakukan di Sasono Langen Budoyo, yang menurut Dony, unsur-unsur yang indah di dalamnya akan dikembalikan lewat renovasi.

Penataan kawasan TMII telah dimulai sejak Januari 2022. Dana sebesar Rp1,13 triliun dialokasikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono untuk renovasi TMII, meliputi penanganan jalan kawasan TMII, penataan area gerbang utama, renovasi joglo (Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, Sasono Adiguno), dan renovasi museum.

Kemudian penataan lanskap pulau-pulau di Danau Archipelago, renovasi Museum Theater Garuda, Museum Telkom, dan Keong Mas, Struktur Parkir (elevated), serta Revitalisasi Danau Archipelago.

Kegiatan renovasi TMII merupakan bagian dari bagian dari penugasan khusus yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo kepada Kementerian PUPR untuk melaksanakan pembangunan infrastruktur dengan total kebutuhan anggaran yang direncanakan sebesar Rp2,7 triliun.

Revitalisasi ini akan menjadikan TMII sebagai The Ultimate Showcase of Indonesia, mengusung konsep yang merepresentasikan keragaman dan kekayaan potensi daerah dan budaya Indonesia secara modern dan inspiratif.

Baca juga: PT TWC ungkap revitalisasi bertujuan untuk kembalikan marwah TMII

Baca juga: TWC: Taman Mini Indonesia Indah dipercantik untuk sambut G20

Baca juga: Induk Holding BUMN Pariwisata akan luncurkan kembali TMII tahun ini

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022