Kerja sama ini akan bermanfaat bagi peningkatan kompetensi
Makassar (ANTARA) - ​​​​Universitas Hasanuddin dan Sapporo Heart Center Japan sepakat melakukan kerja sama dalam pertukaran akademik bagi mahasiswa fakultas kedokteran.

Kesepakatan ini tertuang melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Executive Director General Manager Sapporo Heart Center, Kevin Kosaku Samon dan Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA, secara luring terbatas di Rektorat Unhas, Rabu.

Sapporo Heart Center Japan merupakan fasilitas medis yang mengkhususkan diri dalam penyakit kardiovaskular (kedokteran kardiovaskular / bedah kardiovaskular).

Serta melakukan pemeriksaan dan perawatan terperinci untuk penyakit jantung seperti infark miokard akut, angina, gagal jantung, hipertensi, dan aritmia, dan arteriovenosa ekstremitas bawah seperti ASO, varises, dan sebagainya.

Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu menuturkan, kerja sama tersebut sejalan dengan kehadiran Pusat Jantung Terpadu yang dimiliki RS. Wahidin Soedirohusodo Makassar yang melengkapi pelaksanaan pendidikan dokter Unhas.

Baca juga: Jepang Unhas buka peluang kerja sama kolaborasi penelitian

Baca juga: Unhas-Bio Farma kerja sama pengembangan uji klinis vaksin COVID-19


“Kerja sama ini akan bermanfaat bagi peningkatan kompetensi khususnya Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS). Kita akan diskusikan lebih lanjut bagaimana program pertukaran akademik yang akan dijalankan dan disesuaikan pada kurikulum bersama,” jelasnya.

Lebih lanjut, Prof Dwia berharap kerja sama tersebut juga dapat membuka peluang penelitian kolaboratif melalui pertukaran antar dosen, mahasiswa, dan para peneliti untuk menghasilkan hasil riset yang bermanfaat di bidang ilmu kedokteran.

Sementara Kevin Kosaku Samon, mengatakan Unhas merupakan salah satu mitra penting dalam menjalan program strategis di bidang ilmu kedokteran.

"Fasilitas medis yang dimiliki Unhas sangat mendukung kualitas pendidikan kedokteran secara internasional untuk meningkatnya pelayanan kesehatan yang profesional. Sehingga Sapporo Heart Center melihat adanya peluang kerja sama tersebut,"jelasnya.

Baca juga: Unhas sosialisasikan Program MBKM Kemendikbudristek dan mandiri

Baca juga: Unhas: Wisudawan wajib vaksin lengkap

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022