Jakarta (ANTARA) - PT Elangperdana Tyre Industry (ban Accelera) mendukung penuh kegiatan Land Rover Club Indonesia (LRCI), yakni Sumatera Tribute dengan titel Rally Internasional Camel Trophy Indonesia yang pada 6-22 Februari 2022.

"Elangperdana Tyres berupaya terus ikut berpartisipasi dalam mempromosikan keindahan alam Indonesia. Terlebih Rally Internasional Camel Trophy Indonesia Sumatera Tribute memiliki rute bersejarah yang dikenal oleh dunia off-road internasional," ungkap Managing Director PT. Elangperdana Tyre Industry, Dicky Mursalie dalam keterangan resminya, Rabu.

Kegiatan yang diikuti 24 unit Land Rover dari Jabodetabek, 1 dari Jawa Timur, 1 dari Riau, 3 dari Jambi, 3 dari Padang, dan 3 dari perwakilan Palembang ini akan melintasi tiga provinsi yaitu Jambi, Riau hingga Sumatera Utara.

Baca juga: Land Rover Indonesia hadirkan "pop-up display"di Ashta District 8

Acara itu akan dibuka Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo.

Dalam hal ini, format kegiatannya adalah memakai Land Rover segala tipe dengan kelengkapan "full out door gear set" dan Camel Trophy Spec 100 persen. Untuk ban, wajib memakai ukuran Accelera M/T-01 berukuran 235/85 R16, sebagai ban satu-satunya yang wajib dipakai oleh seluruh mobil peserta.

Hal ini didasari oleh format Rally Internasional Camel Trophy Indonesia Sumatra Tribute yang mengusung semangat One Make Tyre. Ban Accelera M/T-01 235/85 R16 memiliki ciri khas stiker berwarna "sun-glow" pada bagian dinding (sidewall) bannya mengikuti warna mobil para peserta Sumatra Tribute.

Event Director Sumatra Tribute, Fion Kamil mengatakan bahwa "ban ini memang empuk, luar biasa empuk dan enak banget. Jadi kalau mobil yang suspensinya agak keras, pakailah ban Accelera M/T-01," kata dia.
Peserta Sumatra Tribute dengan titel Rally Internasional Camel Trophy Indonesia Sumatra Tribute yang sedang mengecek tekanan angin ban kendaraan (ANTARA/Ho)


Ban itu juga mempunyai desain tapak yang dalam, sehingga memungkinkan cengkeraman yang kuat pada permukaan tanah dan mempertahankan cengkeraman pada permukaan yang longgar.

Para peserta Rally Internasional Camel Trophy Indonesia Sumatra Tribute berbekal Accelera M/T-01 akan menghadapi aneka medan berbatu kasar (rough stone), tanah keras (hard soil), lumpur licin (slippery mud) dan lumpur lunak (deep soft mud).

PT. Elangperdana Tyre Industry juga menghadirkan Accelera Mobile Service (AMS) yang merupakan sebuah Light Truck dan telah disulap menjadi layanan mobile service yang sudah dilengkapi dengan beberapa alat yang dimiliki toko ban yang baik untuk mendukung beberapa kegiatan yang berhubungan dengan otomotif.

Bentuk support dari AMS adalah mengecek kesiapan dari ban Accelera M/T-01 peserta, dan siap mengawal kegiatan ini dari awal hingga di akhir acara. Jika ada kendala atau masalah saat event berlangsung, maka Accelera Mobile Service (AMS) akan memberikan support dan pelayanan yang terbaik.

"Di sepanjang jalan juga jika diperlukan jaringan toko PT. Elangperdana Tyre Industry akan ikut mensukseskan acara ini," kata Managing Director PT. Elangperdana Tyre Industry, Dicky Mursalie.

Adapun alat-alat yang terdapat di Accelera Mobile Service, antara lain:

1. Alat Buka-Pasang Ban
Untuk bisa membuka dan memasang ban, digunakan sebuah peralatan khusus. Sehingga truk ini dilengkapi dengan alat pemasang ban. Peralatan ini sendiri bisa memasang ban lebar di velg lebar. Bahkan ketika kamu menggunakan fitment stance, alat ini bisa mendukung velg lebar hingga 12.5 inci.

2. Balancer
Velg dan ban harus diseimbangkan untuk menghilangkan atau meminimalisir getaran. Sebuah alat penyeimbang presisi pun terpasang di bagian belakang truk ini.

3. Dongkrak
Terdapat set dongkrak lengkap, sebab mobil modifikasi memiliki alternatif gaya. Entah itu off-road yang tinggi, ataupun stance yang kandas dengan suspensi udara yang kerap dibuat air out.

Baca juga: Jaguar Land Rover dapat pinjaman Rp9,6 triliun untuk kendaraan listrik

Baca juga: Land Rover Range Rover baru tersedia versi 7 seats

Baca juga: JLM Auto buka diler resmi dan service center pertama Jaguar Land Rover
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022