Tiga inovasi baru yang kami luncurkan Rabu ini terdiri atas Petroke (Penanganan Stroke), Juminah (Kunjungan ke Rumah)
Purwokerto (ANTARA) - RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo (RSMS) Purwokerto Kabupaten Banyumas meluncurkan tiga inovasi baru sebagai upaya untuk meningkatkan layanan di rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah itu, termasuk layanan penanganan stroke.

"Tiga inovasi baru yang kami luncurkan Rabu ini terdiri atas Petroke (Penanganan Stroke), Juminah (Kunjungan maring Umah/Kunjungan ke Rumah), dan Cilong (Cuci Kinclong)," kata Pelaksana Tugas Direktur RSMS dr. Untung Gunarto, Sp.S., M.M. di Purwokerto, Rabu.

Dalam hal ini, kata dia, dua inovasi baru berkaitan dengan layanan bagi orang yang sakit, sedangkan satu inovasi lainnya sebagai layanan bagi sumber daya manusia yang ada di RSMS maupun masyarakat umum.

Lebih lanjut, dia mengatakan pihaknya mengembangkan aplikasi RSMS Daring dan meluncurkan inovasi baru dengan menambah menu Petroke pada aplikasi tersebut untuk memudahkan dan mempercepat penanganan stroke.

Baca juga: RSMS Purwokerto salurkan 1.000 paket alat pencegahan COVID-19

Menurut dia, layanan Petroke dapat diperoleh dengan cara mengunduh aplikasi RSMS Daring melalui Play Store dan pilih menu Petroke setelah aplikasi terinstal di gawai.

"Bagi yang tidak memiliki aplikasi RSMS Daring, bisa melalui WhatsApp atau telepon di nomor 0811-2986-996 untuk melaporkan kasus stroke. Selanjutnya, petugas rumah sakit akan menghubungi dan melakukan asesmen terhadap pasien serta menentukan perlu trombolisis atau tidak," katanya.

Ia mengatakan jika pasien tersebut memerlukan trombolisis, petugas rumah sakit akan mengarahkannya untuk segera dibawa ke RSMS.

Akan tetapi jika tidak memerlukan trombolisis, kata dia, pasien tersebut akan diarahkan untuk dibawa ke rumah sakit terdekat.

Terkait dengan inovasi Juminah, Untung mengatakan hal itu merupakan bagian dari pelayanan rehabilitasi medis yang memiliki peran penting dalam menunjang pemulihan fungsi tubuh pasien yang mengalami gangguan gerak, bicara, ataupun gangguan pertumbuhan.

Baca juga: RSMS Purwokerto luncurkan layanan telemedis mudahkan warga saat wabah

Pada masa pandemi COVID-19, kata dia, banyak pasien yang menahan diri untuk tidak datang ke rumah sakit, sehingga program terapi tidak dapat dilaksanakan sesuai yang telah dijadwalkan.

"Hal ini terbukti banyaknya permintaan pasien untuk kunjungan rumah. Oleh karena itu, inovasi Juminah menjadi solusi bagi masyarakat agar tetap mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan dengan aman dan nyaman," katanya.

Untung mengatakan data menunjukkan bahwa tindakan terapi terbanyak di rumah sakit adalah pasien saraf kejepit atau Hernia Nukleus Pulposus (HNP) sebanyak 30 persen, peradangan sendi 30 persen, dan pasien stroke 20 persen.

Oleh karena itu, kata dia, Juminah hadir dengan menawarkan tiga paket terapi yang dapat dipilih oleh pasien sesuai kebutuhannya, yakni paket fisioterapi stroke dengan tarif Rp210.000, paket fisioterapi HNP sebesar Rp185.000, dan paket fisioterapi radang persendian sebesar Rp260.000.

Baca juga: Layanan periksa sampel "swab" COVID-19 bisa dilakukan RSMS Purwokerto

"Juminah juga menyediakan layanan untuk pemeriksaan laboratorium, telah tersedia paket-paket pemeriksaan sehingga pasien tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk mendapatkan layanan ini, masyarakat cukup mengunduh aplikasi RSMS Daring di Play Store, lalu pilih menu Juminah untuk melakukan registrasi atau pendaftaran," katanya.

Setelah memilih paket yang dibutuhkan dan lakukan pembayaran melalui transfer ke rekening yang telah ditentukan, kata dia, tenaga kesehatan yang kompeten akan segera mengunjungi rumah pasien untuk memberikan pelayanan sesuai terapi yang dipesan.

Menurut dia, pasien mendapatkan kesempatan melakukan pemesanan mulai dari tujuh hari sebelum tanggal yang diinginkan untuk mendapatkan pelayanan di rumah.

"Kehadiran Petroke dan Juminah merupakan inovasi RSUD Prof Dr Margono Soekarjo di tahun 2022 dalam mendukung program Gubernur Jawa Tengah khususnya program Rumah Sakit Tanpa Dinding. Pelayanan ini memberikan kemudahan, kenyamanan, dan pelayanan yang aman bagi masyarakat yang membutuhkan tindakan segera untuk penanganan stroke, rehabilitasi medik dan pemeriksaan laboratorium," katanya.

Kendati demikian, dia mengatakan menu layanan Petroke dan Juminah baru bisa diakses di RSMS Daring mulai tanggal 14 Februari 2022.

Terkait dengan inovasi Cilong, Untung mengatakan hal itu dalam rangka memenuhi kebutuhan pengunjung maupun karyawan untuk mencuci kendaraan baik mobil maupun sepeda motor di area rumah sakit.

Ia mengatakan karyawan dan pengunjung RSMS yang ingin mendapatkan layanan Cilong dengan layanan antar jemput kendaraan dapat menghubungi nomor ekstensi 4343. 

Baca juga: RSMS Purwokerto salurkan ribuan paket sembako untuk warga miskin
 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022