Jakarta (ANTARA) - Beberapa peristiwa yang berkaitan dengan isu perkotaan dan kebijakan Pemprov DKI Jakarta terjadi sepanjang Rabu (2/9) kemarin.

Peristiwa menari itu dari mulai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang dilaporkan ke Badan Kehormatan (BK) hingga Pasar Baru yang menjadi cagar budaya.

1. Prasetyo jadi Ketua DPRD pertama di Indonesia yang dilaporkan ke BK

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menuturkan bahwa dirinya menjadi orang pertama sebagai Ketua DPRD di Indonesia yang dilaporkan hingga menjalani sidang di Badan Kehormatan (BK).

Pasalnya, menurut Prasetyo, belum pernah ada Ketua DPRD di Indonesia yang dilaporkan oleh tujuh fraksi DPRD DKI Jakarta ke BK karena dugaan melanggar administrasi Rapat Badan Musyawarah (Bamus) yang menjadwalkan Sidang Paripurna Hak Interpelasi Formula E.

"Saya miris sebagai pimpinan. Saya menangis sebagai pimpinan, sedih saya. Baru pertama kali di DPRD se-Indonesia, ada Ketua DPRD di-BK-kan, dilaporkan," kata Prasetyo saat Sidang BK yang dilaksanakan di Ruang Rapat Besar Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu.
baca di sini

2. Kantor Sudin Dukcapil Jakut tiadakan pelayanan tatap muka hingga Jumat

Jakarta (ANTARA) - Kantor Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Jakarta Utara kembali meniadakan pelayanan administrasi kependudukan tatap muka mulai Rabu hingga Jumat (11/2).

Kepala Suku Dinas Dukcapil Kota Administrasi Jakarta Utara Edward Idris mengatakan sistem dalam jaringan (daring) dan dropbox diterapkan sebagai pengganti tiadanya pelayanan tatap muka sementara waktu tersebut.

"Pelayanan tatap muka akan dioperasikan kembali pada Senin (14/2) mendatang," kata Edward saat dikonfirmasi di Jakarta Utara, Rabu.
Baca di sini
 
Tangkapan layar sidang Badan Kehormatan (BK) DPRD DKI jakarta dengan agenda meminta keterangan dari Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, di ruang rapat besar DPRD DKI Jakarta, Rabu (9/2/2022). Sidang tersebut dilakukan karena Prasetyo dilaporkan atas pelaksanaan rapat paripurna interpelasi Formula E pada 28 September 2021 lalu. (ANTARA/Ricky Prayoga)

3. TransJakarta secara bertahap jalankan rekomendasi KNKT

Jakarta (ANTARA) - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) secara bertahap menjalankan rekomendasi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terkait evaluasi musibah kecelakaan.

Direktur Utama TransJakarta, Mochammad Yana Aditya mengatakan pihaknya langsung bergerak cepat membuat 15 aksi keselamatan (safety action) tindak lanjut rekomendasi KNKT.

"Secara bertahap kita lakukan dan ini baru bulan kedua kita jalankan. Kita berharap pada bulan keenam semuanya bisa dijalankan dengan sempurna," kata Mochammad Yana Aditya dalam diskusi virtual di Jakarta, Rabu
baca di sini

4. DKI tetapkan Pasar Baru dan Taman Proklamasi sebagai cagar budaya

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan Jalan Pasar Baru dan Kanal Ciliwung Jalan Antara sebagai struktur cagar budaya kemudian juga menetapkan Taman Proklamasi sebagai situs cagar budaya.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana mengatakan penetapan tiga objek sebagai cagar budaya ini telah melalui proses kajian yang dilakukan oleh Tim Ahli Cagar Budaya Provinsi DKI Jakarta sepanjang tahun 2021 dan telah ditetapkan dalam Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta.
baca di sini

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022