Mengikuti protokol kesehatan secara ketat
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) melalui Gerakan UI Mengajar (GUIM) memberikan edukasi bagi  tiga Sekolah Dasar Negeri yaitu SDN Cimarga, SDN Karangbungur, dan SDN Cibareubeu, di Sumedang Jawa Barat sebagai kepedulian terhadap keberlanjutan pendidikan dasar di Indonesia.

Direktur Kemahasiswaan UI Badrul Munir Ph.D dalam keterangannya, Kamis mengatakan kegiatan GUIM 11 dilaksanakan selama satu bulan dari 7 Januari hingga 6 Februari 2022, meliputi tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Buah Dua, Jatinunggal, dan Cisitu.

"Seluruh program GUIM 11 dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan secara ketat, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan dilaksanakan swab antigen secara rutin selama kegiatan berlangsung," katanya.

Sebanyak 60 mahasiswa, 16 dosen pembimbing, dan lima orang panitia, terlibat dalam proyek GUIM kali ini.

Baca juga: UI bahas problematika pendidikan melalui Gerakan UI Mengajar

Baca juga: UI gelar aksi mengajar di pelosok Sumedang Jabar


GUIM yang pada tahun ini merayakan 11 tahun berkiprah, memiliki misi meningkatkan semangat belajar dan menekuni pendidikan kepada siswa sekolah dasar. GUIM 11 melaksanakan lima kegiatan, yaitu Kelas Pendidikan Diri, Kelas Mari Nyeni, Perpustakaan Rumah Pelangi, Tubuh Sehat Ceria, dan Festival Rakyat.

Ketua BEM UI Leon Alvinda Putra meminta bantuan bimbingan dan arahan kepada pemerintah di tingkat kecamatan maupun desa agar kegiatan GUIM 11 berlangsung lancar sesuai dengan harapan bersama.

Program pertama GUIM 11 yakni Kelas Pendidikan Diri dan Kelas Mari Nyeni bertujuan mengedukasi siswa sekolah dasar sebagai pondasi yang menjadi bekal penjagaan diri di masa depan. Adapun bentuk penyampaian dari Kelas Pendidikan Diri dilakukan dengan harapan agar siswa senang dan lebih mudah menyerap materi.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang Agus Wahidin mengatakan kegiatan pembelajaran bagi siswa-siswi di tingkat desa masih menghadapi kesulitan, untuk itu kehadiran UI yang turun langsung ke lapangan akan membantu anak didik di daerah.

"Saya yakin kehadiran adik-adik mahasiswa ini akan turut mengubah mimpi-mimpi dan memotivasi baik anak-anak sekolah dasar maupun para orang tua siswa di masing-masing titik aksi, karena mahasiswa begitu memiliki aura yang luar biasa," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bappppeda Kabupaten Sumedang Tuti Ruswati berharap GUIM bisa menyebar manfaat dan menanamkan hal-hal positif kepada segenap siswa maupun orang tua di lokasi kegiatan.

Ia menyampaikan terima kasih kepada UI, dan berharap kerja sama yang dilakukan antara Pemerintah Kabupaten Sumedang dengan UI akan terus berlanjut untuk kebaikan bersama.

Baca juga: Mahasiswa FTUI mengajar anak putus sekolah selama pandemi COVID-19

Baca juga: Pembukaan Gerakan UI Mengajar hadirkan sejumlah tokoh inspiratif

 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022